ADVERTISEMENT

Kamis, 09 Des 2021 05:16 WIB

Hoax! Dinkes Pastikan Tak Ada Varian Omicron di DKI Jakarta

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up. Varian Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25)
Jakarta -

Santer beredar informasi 4 kasus varian Omicron B.1.1.529 ditemukan di Bekasi, berdomisili di DKI Jakarta. Dinas Kesehatan DKI membantahnya dengan menyebut berita tersebut sebagai hoax.

"Berdasarkan hasil klarifikasi terakhir ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI pada Rabu, 8 Desember 2021 pukul 14.30 bahwa sampai saat ini belum ditemukan varian baru Omicron di DKI Jakarta," tulis pemprov DKI dalam rilisnya, Rabu (8/12/2021).

Kepala Dinkes DKI Widyastuti menyebut sudah ada 2.500 spesimen yang diperiksa, 40 persen di antaranya adalah variant of concern (VOC). Pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) dilakukan di Litbangkes Kemenkes dengan beberapa lab WGS jejaring Litbangkes.

Sebelumnya, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila juga telah menegaskan bahwa tidak ada temuan Omicron pada warga DKI. Ia membantah kabar yang beredar tentang temuan kasus Omicron pada 4 warga DKI.

"Hoax. Sedang kita siapkan rilis penjelasannya," beber Ngabila kepada detikcom Rabu (8/12/2021).

Disebutkan, klaster positif ditemukan pekan lalu dari perjalanan luar negeri. Pemeriksaan WGS dan tes lacak, dan juga isolasi yang adekuat, sudah dilakukan dan hasilnya tidak ada temuan varian Omicron.



Simak Video "Bertambah Lagi! Kini Varian Omicron Sudah Masuk Hawaii"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT