Kabar Baik, 3 Dosis Vaksin Pfizer Bisa Netralkan Omicron di Laboratorium

ADVERTISEMENT

Kabar Baik, 3 Dosis Vaksin Pfizer Bisa Netralkan Omicron di Laboratorium

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 09 Des 2021 06:12 WIB
DKI Jakarta sudah mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 jenis Pfizer, salah satunya bisa dilakukan di BPSDM Kemenkes.  Seperti apa suasananya?
Vaksin Pfizer (Foto: Andhika Prasetya)
Jakarta -

Kabar baik, 3 dosis vaksin Pfizer-BioNTech mampu menetralkan varian Omicron dalam uji di laboratorium. Sebelumnya, riset lain menyebut efek kekebalan usai disuntik vaksin Pfizer turun signifikan ketika dihadapkan pada varian Omicron.

Temuan awal ini mengindikasikan bahwa suntikan ketiga atau booster bisa menjadi kunci perlindungan terhadap varian Omicron atau B.1.1.529. Varian terbaru COVID-19 ini pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan.

Terhadap Omicron, Pfizer sebelumnya mengatakan dua dosis vaksin buatannya menunjukkan penurunan signifikan pada antibodi neutralising. Namun demikian, tetapi memberikan proteksi terhadap risiko keparahan penyakit.

"Lini pertama pertahanan, dengan dua dosis vaksinasi, mungkin dikompromikan dengan wajib tiga dosis vaksinasi untuk mengembalikan perlindungan," kata Chief Medical Officer Ozlem Tuereci, dikutip dari Reuters, Kamis (9/12/2021).


Perusahaan ini juga mengatakan bakal membuat vaksin baru yang secara spesifik mentarget varian Omicron pada Maret 2022 jika diperlukan.

Pfizer menjadi produsen vaksin COVID-19 pertama yang mengeluarkan update resmi tentang efikasi vaksin terhadap Omicron. Hasil pemeriksaan sampel darah sebulan setelah suntikan ketiga menunjukkan efek netralisasi terhadap varian Omicron sama ampuhnya dengan dua dosis pada varian asli yang teridentifikasi di China.



Simak Video "Vaksin Pfizer Dinilai 73% Efektif Diberikan Pada Anak di Bawah 5 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT