Kamis, 09 Des 2021 09:40 WIB

Kali Kedua Jeff Smith Diringkus, Ini Sebabnya Kecanduan Narkoba Bisa Kambuh

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jeff Smith Kedua kalinya aktor Jeff Smith ditangkap polisi karena narkoba. (Foto: Instagram Jeff Smith)
Jakarta -

Aktor Jeff Smith kembali ditangkap pihak kepolisian karena narkoba pada Rabu (8/12/2021). Pasalnya, ia baru saja bebas September lalu.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa mengkonfirmasi yang bersangkutan kembali tersandung kasus narkoba. Namun, polisi belum merilis detail penangkapan dan jenis narkoba apa yang diamankan.

"Iya (JS adalah Jeff Smith yang ditangkap narkoba)," terang Kombes Pol Mukti Juharsa kepada wartawan, Rabu (8/12).

Apa sih yang membuat mantan pecandu narkoba kambuh?

Beberapa waktu sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Pusat Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, dr Diah Setia Utami, SpKJ, mengungkap empat hal yang membuat mantan pecandu narkoba kembali kecanduan. Salah satunya adalah jenis zat.

dr Diah menjelaskan dua jenis zat narkotika yang paling sering disalahgunakan oleh pecandu. Adalah opioid dan ATS (amphetamine-type stimulant). Dua jenis zat inilah yang bisa memicu para pecandu narkoba kambuh lagi.

"Opioid itu heroin atau morfin. Sementara ATS yang paling sering digunakan adalah ganja atau sabu," kata dr Diah, yang juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), beberapa waktu lalu.

Tingkat penggunaan

Selain jenis zat, tingkat penggunaan juga bisa menjadi salah satu faktor mantan pecandu narkoba kembali kambuh. Jika rehabilitasi tidak dilakukan secara tepat, risiko kembali menjadi pecandu narkoba lebih besar.

"Nah kalau dia sudah addict tapi diberikan pengobatan layaknya experimental user, tentu tidak tepat. Kemungkinan untuk kambuhnya juga lebih besar karena proses rehabilitasinya tidak sesuai," tandasnya.

Kurangnya dukungan dari lingkungan terdekat

Peran keluarga dan lingkungan terdekat juga menjadi salah satu faktor penting mantan pecandu benar-benar bebas dari jeratan narkoba. Jika tidak ada dukungan tersebut, sulit mantan pecandu narkoba bisa kembali pulih.

"Tapi kalau keluarga nggak dukung, sedikit-sedikit dituduh maling kalau ada barang hilang, sering curiga, ya pecandu akan merasa tidak dihargai dan tak betah di rumah. Ujung-ujungnya kembali bergaul dengan teman-teman lama dan kembali menjadi pengguna narkoba," jelasnya.

Simak Video 'Kedua Kalinya Jeff Smith Terjerat Kasus Narkoba':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/naf)