Jumat, 10 Des 2021 19:03 WIB

Serba-serbi Kaki Palsu Agar Pasien Amputasi Berjalan Lagi, Yuk Donasi!

Tim detikHealth - detikHealth
Meski tidak memiliki kaki, Indra Semedi (45) tidak kehilangan kreativitas dan naluri bisnisnya. Indra membuat kaki dan tangan palsu yang menembus pasar Malaysia. Ilistrasi kaki palsu. (Foto: Satria Nandha)
Jakarta -

Amputasi merupakan salah satu tindakan pemotongan bagian tubuh seperti lengan, jari, ataupun kaki karena suatu kondisi tertentu. Terutama amputasi pada kaki, ternyata angkanya kian meningkat setiap tahun.

Salah satu penyebab paling sering dari amputasi kaki adalah komplikasi dari diabetes, yakni sekitar 60 hingga 80 persen dari total kasus amputasi di dunia. Bahkan, menurut data dari National Diabetes Statistic, kasus amputasi di Asia terjadi pada 31 dari 1000 penduduk.

Pada umumnya, seseorang yang mengalami amputasi kaki akan kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya, terutama yang membutuhkan gerakan fisik. Oleh karena itu, kaki palsu sangat dibutuhkan oleh mereka guna menggantikan peran kaki yang hilang atau cacat.

Biasanya letak amputasi kaki pada setiap orang tidak selalu sama, mungkin ada yang diamputasi dari atas ataupun bawah lutut. Oleh karena itu, jenis kaki palsu juga disesuaikan dengan kondisi kaki yang diamputasi, yakni:

1. Kaki palsu transtibial

Merupakan kaki palsu yang menggantikan bagian kaki yang hilang dari bawah lutut, sehingga memungkinkan pasien untuk tetap menggunakan lutunya.

2. Kaki palsu transfemoral

Merupakan kaki palsu yang menggantikan bagian kaki dari atas lutut, sehingga akan menyediakan fungsi lutut yang hilang.

Kamu sebagai#sahabatbaik bisa memberikan dukungan optimal dengan berdonasi kaki palsu untuk mereka lewat berbuatbaik.id.

Kaki palsu ini amat penting bagi para pasien yang diamputasi agar hidup mereka terus produktif. Apalagi untuk orang-orang kurang beruntung yang sulit membeli kaki palsu.

Oleh sebab itu, berbuatbaik.id ingin mengajak kamu terus #berbuatbaik mendukung para difabel. Kamu bisa berdonasi lewat LINK BERIKUT INI.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Kamu juga bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikut berikut juga update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial yang kamu pilih, kamu bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas kamu dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai sekarang dengan donasi di LINK INI.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs BerbuatBaik dan ikuti media sosial BerbuatBaik Instagram @berbuatbaikofficial dan Hotline WA: 0823-0823-9111



Simak Video "Bill Gates Sumbang USD 100 Juta untuk Bantu Tangkal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)