Kondisinya Disebut Mirip RI, Bagaimana Nasib India Usai Diserang Omicron?

ADVERTISEMENT

Kondisinya Disebut Mirip RI, Bagaimana Nasib India Usai Diserang Omicron?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Minggu, 12 Des 2021 21:30 WIB
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Professor25
Jakarta -

Kondisi Corona di India disebut mirip Indonesia lantaran sama-sama sempat melaporkan amukan COVID-19 Delta beberapa waktu lalu. Namun, India kini sudah mencatat kasus COVID-19 varian Omicron.

Sejauh ini ada 33 kasus varian Omicron yang ditemukan di India. Kasus pertama ditemukan dari orang yang baru saja melakukan perjalanan ke Zimbabwe, Afrika Selatan, positif Omicron saat tiba di ibu kota New Delhi.

Para ahli khawatir penyebaran Omicron makin luas, hingga potensi bahaya Corona B.1.1.529 lebih menular ketimbang varian sebelumnya. Kabar baiknya, sejauh ini pasien yang terpapar Omicron di India tidak mengalami gejala COVID-19 berat.

Berikut rangkuman sebarannya:

New Delhi

Pasien mengeluhkan kelelahan

Ibu kota New Delhi telah melaporkan dua kasus varian Omicron. Kasus pertama terdeteksi pada pria 37 tahun yang divaksinasi lengkap, baru tiba dari Tanzania Minggu lalu. Pasien adalah penduduk Ranchi dan melakukan perjalanan dari Tanzania, Doha dan dari sana dia datang ke Delhi dengan penerbangan Qatar Airways pada 2 Desember.

Kasus kedua terungkap pada hari Sabtu setelah individu yang divaksinasi penuh dengan riwayat perjalanan ke Zimbabwe dan Afrika Selatan dinyatakan positif varian baru virus Corona Omicron. Dia dirawat di rumah sakit LNJP dan hanya mengalami gejala kelelahan sebagaimana dikonfirmasi oleh seorang pejabat kepada kantor berita PTI.

Maharashtra

Ada pasien balita terpapar Omicron

Jumlah infeksi varian Omicron di negara bagian Maharashtra mencapai 17 kasus, menurut departemen kesehatan setempat.

Maharashtra melaporkan tujuh kasus baru Omicron pada hari Jumat termasuk pada balita berusia satu setengah tahun. Dari tujuh kasus, tiga dilaporkan di Mumbai, empat dari Pimpri Chinchwad Municipal Corporation.

Tiga pasien baru dari Mumbai semuanya laki-laki, berusia 48, 25, dan 37 tahun dengan riwayat perjalanan baru-baru ini ke Tanzania, Inggris, dan Afrika Selatan.

Rajasthan

Minggu lalu, departemen kesehatan negara bagian mengatakan total sembilan kasus varian Omicron COVID-19 telah dilaporkan di Jaipur Rajasthan.

Kesembilan pasien itu kemudian dipulangkan dari rumah sakit pemerintah tempat mereka dirawat setelah dites negatif kedua kalinya, kata menteri kesehatan Parsadi Lal Meena.

Sisa kasus Omicron lainnya tersebar di Gujarat hingga Karnataka.

Bagaimana tren kasus COVID-19 di India?

Dikutip dari Tribune India, ada 7.774 kasus COVID-19 yang dilaporkan per kemarin, sehingga total warga yang terpapar COVID-19 berjumlah 34.690.510 orang. Jumlah kasus aktif mencetak rekor terendah dalam 560 hari, turun menjadi 92.281 kasus berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

Korban tewas meningkat menjadi 475.434 dengan penambahan 306 kasus kematian baru, menurut data yang diperbarui pada pukul 8 pagi.

Peningkatan harian dalam infeksi virus corona baru telah tercatat di bawah 15 ribu selama 45 hari terakhir. Sementara tingkat kesembuhan COVID-19 nasional tercatat 98,36 persen, tertinggi sejak Maret 2020, lapor Kementerian Kesehatan.

Tercatat ada penurunan 996 kasus dalam jumlah kasus aktif COVID-19 di kurun waktu 24 jam.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT