ADVERTISEMENT

Senin, 13 Des 2021 10:32 WIB

Bayi Kesha Ratuliu Masuk NICU Usai Dilahirkan, Ruang Apa Sih Itu?

Vidya Pinandhita - detikHealth
kesha ratuliu melahirkan Kesha Ratuliu melahirkan anak pertama. Foto: instagram.com/kesharatuliu05
Jakarta -

Selebritis Kesha Ratuliu mengaku bayinya masuk NICU pasca lahir pada Minggu (12/12/2021). Sebab bayinya, Qwenzy, sempat membutuhkan bantuan pernapasan.

"Si kuat Qwenzy lahir terus suara nangisnya mungil banget. Aku sempat ngeliat jelas, belum sentuh, belum cium, belum mengasihi, Qwenzy harus dibawa ke NICU untuk observasi lebih lanjut karena napasnya harus dibantu," tulisnya dalam laman Instagram pribadinya, @kesharatuliu05, Minggu (12/12/2021).

Kabar baiknya, Kesha menjelaskan, hari ini kondisi bayinya semakin membaik. Ia menuliskan dalam unggahan terbarunya pada Senin (13/12/2021), hasil tes gula darah, rontgen, dan analisis gas darah bayinya baik.

Apa itu NICU?

Neonatal intensive care unit (NICU) adalah tempat perawatan bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan intensif, berfokus pada perkembangan organ vital.

Dikutip dari Healthline, jika bayi lahir secara prematur atau dilahirkan sebelum waktunya, dokter bakal mempersiapkan kelahiran berisiko tinggi. Pada kondisi ini, sang ibu mungkin perlu pergi ke rumah sakit yang memiliki fasilitas NICU. Bayi yang baru lahir dapat disimpan di inkubator yang dikontrol suhunya.

Peralatan pemantauan melacak detak jantung, pernapasan, dan kadar oksigen darah bayi. Mungkin selama beberapa pekan atau bulan, bayi harus hidup dengan dukungan medis.

Banyak bayi lahir prematur tidak bisa makan melalui mulut karena belum bisa mengoordinasikan mengisap dan menelan. Walhasil, bayi prematur diberi nutrisi secara intravena atau menggunakan tabung yang dimasukkan ke mulut, hidung, atau perut. Setelah bayi cukup kuat, baru bisa disusui.

Bayi prematur dapat dikeluarkan dari rumah sakit setelah bayi mampu:

  • Disusui atau diberi susu botol
  • Bernapas tanpa alat bantu
  • Terjaga suhu dan berat badannya


Simak Video "Dokter Bicara soal Viral Bayi 6 Bulan Meninggal Usai Dibawa Ortu Motoran"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT