Rabu, 15 Des 2021 19:45 WIB

Awas! 5 Aktivitas Sehari-hari Ini Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Ilustrasi Sakit Jantung Sederet aktivitas sehari-hari yang bisa menyebabkan penyakit jantung. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga organ dan jaringan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, beberapa hal bisa menyebabkan gangguan pada jantung dan membuat organ ini tidak berfungsi secara normal.

Nah, mari simak penyebab penyakit jantung yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Rabu (15/12/2021):

1. Tidak Memiliki Aktivitas Fisik Rutin

Aktivitas rutin seperti berjalan kaki selama dua puluh menit sehari, sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Berjalan, berlari, berolahraga sangat membantu jantung serta pembuluh darah yang berkaitan dengan penurunan kolesterol, berat badan, dan tekanan darah rendah.

Jika tidak memiliki aktivitas rutin dalam menjaga kesehatan tubuh, besar kemungkinan seseorang mengalami penyakit jantung.

2. Merokok

Rokok bertanggung jawab atas sepertiga kematian yang terjadi karena dapat merusak kesehatan jantung.

Karbon monoksida menjadi elemen utama rokok dan menyebabkan penurunan jumlah darah yang sehat serta meningkatkan kolesterol. Mengurangi asupan rokok dapat membantu, tetapi berhenti sepenuhnya menjadi solusi konstruktif untuk masalah ini.

3. Stres

Stres yang berlebihan akibat suatu keadaan, dapat memberi tekanan pada jantung dan menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Untuk mengatasi stres, seseorang harus bisa mencari cara mengelola stres dengan efektif seperti berolahraga yang berguna untuk menenangkan tubuh dan mengatur hormon sehingga membantu jantung. Cara lainnya dapat melakukan meditasi, mendengarkan musik, membuat jurnal, menghabiskan waktu bersama keluarga atau hewan peliharaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2