Rabu, 15 Des 2021 12:03 WIB

Viral Video Tangan Berkeringat di TikTok, Benarkah Tanda Jantung Lemah?

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral video tentang tangan berkeringat. Tanda penyakit jantung? Foto: Tangkapan layar/TikTok
Jakarta -

Di media sosial TikTok beredar beberapa video yang menunjukkan kondisi tangan basah berkeringat. Beberapa netizen beranggapan kemungkinan ini berkaitan dengan kondisi jantung.

"Ada yang sama enggak si tangannya keringetan kayak aku. Kalau lagi keringetan pegang HP aja harus ditiup-tiup. Apa iya itu tandanya lemah jantung?" ucap salah satu pengguna TikTok yang mengunggah video tangan berkeringat.

Ahli penyakit jantung dan pembuluh darah dr Vito Anggarino Damay, SpJP(K), MKes, dari RS Siloam Lippo Karawaci menjelaskan kondisi tangan yang sering mengalami keringat berlebih disebut palmar hiperhidrosis. Penyebabnya bisa bermacam-macam, tidak selalu jadi tanda penyakit jantung.

"Keringat berlebih itu tidak selalu berkaitan dengan penyakit jantung. Pasalnya, ada beberapa kasus hiperhidrosis yang disebabkan oleh kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti menopause, diabetes, gangguan kelenjar tiroid, stres, atau cemas," kata dr Vito seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, Selasa (14/12/2021).

Keringat tangan yang berlebih bisa dicurigai sebagai tanda penyakit jantung bila disertai juga gejala lain yang mendukung. Misalnya saja nyeri di bagian dada, sesak, atau jantung berdebar-debar.

Dikutip dari Mayo Clinic, hiperhidrosis juga bisa terjadi karena faktor genetik alias keturunan. Kondisi ini tidak berbahaya namun mungkin bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau memengaruhi kepercayaan diri seseorang.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)