ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Des 2021 14:30 WIB

4 Cara Pakai Masker Tingkatkan Efektivitas Tangkal Omicron

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Woman with hands in latex glove holding protective medical white mask. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natasa Ivancev
Jakarta -

Banyak yang fokus memilih jenis masker demi filtrasi terbaik melindungi diri dari COVID-19, tetapi menyepelekan cara memakainya. Padahal, celah penularan masih tinggi jika tidak memakai masker dengan benar.

Terlebih, Indonesia kini sudah mencatat kasus pertama varian Omicron yang diyakini penularannya lebih cepat ketimbang varian lainnya termasuk Delta. Riset terbaru menunjukkan varian Omicron bahkan bisa bereplikasi 70 kali lebih tinggi ketimbang Delta di saluran napas.

Karenanya, wajib tahu cara memakai masker yang benar demi meningkatkan filtrasi agar penularan varian Omicron bisa dicegah dengan optimal. Bukan hanya masker dobel, berikut cara memakai masker yang benar dikutip dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Menekuk bagian kawat masker di atas hidung

Pastikan kawat masker di bagian atas hidung ditekuk dengan benar. Kawat tersebut untuk memastikan tidak ada celah 'bocor' untuk penularan COVID-19. Tekuk kawat harus sesuai dan pas dengan wajah.

Menggunakan masker fitter atau brace

Selain itu, alternatif lain bisa menggunakan penyangga di atas masker sekali pakai atau masker kain untuk mencegah penularan karena kemungkinan virus masuk dari sekitar tepi masker.

Memakai masker dobel

Menggunakan masker ganda juga bisa membuat seseorang lebih terlindungi dari paparan virus. Namun, jangan sampai salah cara memakai masker dobel.

Lapisan pertama, menggunakan masker bedah.

Kedua, ditambah dengan masker kain di bagian luar. Pastikan keduanya menutup area hidung dan mulut dengan baik, tanpa membuat kamu sulit bernapas.

Simpul tali masker

Ikat tali masker sedekat mungkin dengan ujung masker Selipkan ujung masker ke arah dalam. Pastikan tidak ada rongga ketika dipakai.

Bagaimana memastikan cara memakai masker sudah benar?

  • Periksa kembali apakah masker sudah pas menutupi hidung, mulut, dan dagu.
  • Periksa celah dengan menangkupkan tangan di sekitar tepi luar masker.
  • Pastikan tidak ada udara yang mengalir dari area dekat mata atau dari sisi masker.
  • Jika masker sudah pas, kamu akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker dan mungkin bisa melihat bahan masker bergerak masuk dan keluar pada setiap tarikan napas.


Simak Video "Jenis Masker yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar dari Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT