ADVERTISEMENT

Jumat, 17 Des 2021 19:00 WIB

Ciri-ciri Varian Omicron, Dari Awal Ditemukan hingga Gejala Khasnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up. Sederet ciri-ciri varian Omicron yang wajib diketahui. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Professor25)
Jakarta -

Baru-baru ini, Indonesia melaporkan kasus pertama varian Corona Omicron pada seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet. Berikut ciri-ciri Omicron Covid yang perlu kamu ketahui.

Varian Omicron atau B.1.1.529 diidentifikasi pertama kali di Botswana, Afrika Selatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian ini memiliki mutasi yang lebih banyak dibandingkan varian lainnya, termasuk Delta.

Ciri-ciri Omicron Covid: Punya lebih dari 50 mutasi

Dari 50 atau lebih mutasi pada varian Omicron, ada 32 mutasi yang berada pada spike protein disebut sebagai domain pengikat. Kemungkinan besar, mutasi ini akan mengubah cara virus berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh hingga cara virus memasuki sel manusia.

Di antara mutasi Omicron yang ada, Prof Francois Balloux dari UCL mengatakan mutasi P681H dan N679K adalah kombinasi yang sangat langka. Varian itu juga memiliki mutasi K417N DAN E484A yang ada pada varian Beta, yang disebut dapat melemahkan efikasi vaksin Corona, tetapi belum ada penelitian yang bisa memberi jawaban pastinya.

"Saya pastikan varian itu tidak dapat dikenali dan dinetralkan oleh antibodi yang ditujukan untuk varian Alpha dan Beta sebelumnya. Sulit untuk memprediksi seberapa menularnya varian ini," jelasnya yang dikutip dari The Sun.

Ciri-ciri Omicron Covid: Meningkatkan risiko reinfeksi

WHO mengatakan varian Omicron ini meningkatkan risiko reinfeksi. Ini ditunjukkan berdasarkan bukti awal yang ada.

"Bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dengan varian ini, dibandingkan dengan VOC lainnya. Jumlah kasus varian ini tampaknya meningkat di hampir semua provinsi di Afrika Selatan," jelas WHO dalam keterangan tertulis.

Ciri-ciri Omicron Covid: Berkembang lebih cepat di saluran pernapasan

Dikutip dari Straits Times, penelitian yang dirilis Universitas Hong Kong menemukan bahwa varian Omicron bisa menggandakan diri 70 kali lebih cepat pada saluran pernapasan. Ini merupakan jalur yang memudahkan virus bisa menyebar ke orang lain.

Namun, varian ini justru bereplikasi 10 kali lebih lambat pada jaringan paru-paru. Ini memungkinkan varian Omicron menyebabkan penyakit yang tidak terlalu parah.

Ciri-ciri Omicron Covid: Gejalanya ringan

Ciri-ciri Omicron Covid yang paling wajib diketahui adalah gejalanya. Sebab, gejala varian Omicron ini tidak jauh berbeda dengan varian Corona sebelumnya, tapi disebut lebih ringan.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, sebanyak 89 persen pasien COVID-19 varian Omicron mengalami gejala batuk kering disertai tenggorokan gatal. Adapun beberapa gejala Omicron lainnya, seperti:

  • Letih (65 persen)
  • Hidung tersumbat (59 persen)
  • Demam (38 persen)
  • Mual (22 persen)
  • Napas pendek atau kesulitan bernapas (16 persen)
  • Diare (11 persen)
  • Anosmia atau kehilangan kemampuan indra penciuman (sekitar 8 persen)


Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT