Omicron RI Tambah 2 Kasus, Begini Kondisi Pasien di Wisma Atlet

ADVERTISEMENT

Omicron RI Tambah 2 Kasus, Begini Kondisi Pasien di Wisma Atlet

Firdaus Anwar - detikHealth
Sabtu, 18 Des 2021 12:06 WIB
Jakarta -

Indonesia kembali mengonfirmasi 2 kasus positif varian Omicron. Dua kasus terbaru ini disebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merupakan pelaku perjalanan dari Amerika Selatan dan Inggris.

Juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan dua orang yang positif terinfeksi Omicron ini merupakan hasil pemeriksaan sampel dari 5 kasus probable yang baru kembali dari luar negeri. Hal ini membuat total sudah ada 3 kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia, dengan kasus pertama ditemukan pada petugas pembersih RS Wisma Atlet.

Kondisi kedua orang yang positif Omicron tersebut dijelaskan Nadia baik-baik saja tanpa gejala. Keduanya juga sudah diisolasi di RS Wisma Atlet.

"Tidak bergejala dan sudah isolasi di Wisma Atlet karena kan PCR-nya kemarin positif," ungkap Nadia pada detikcom, Sabtu (18/12/2021).

Menanggapi kejadian ini Kemenkes mengimbau warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. Mengingat kecepatan penyebaran Omicron yang terbukti cepat, bahkan mengalahkan Delta.

Varian Delta sendiri pernah menggiring Indonesia ke rekor tertinggi penularan COVID-19 di bulan Mei dan Juni lalu yang mengakibatkan tertekannya fasilitas kesehatan.

"Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari COVID-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini," ungkap Nadia.

(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT