Minggu, 19 Des 2021 17:21 WIB

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami dan Tanpa Operasi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Asian, Indian young woman rubbing her eye and holding eyeglasses. She is suffering with aching eyes while working long hours on computer at home. Cara mengurangi mata minus (Foto: iStock)
Jakarta -

Mata minus jadi masalah bagi banyak orang. Umumnya, orang yang terkena mata minus harus menggunakan kacamata agar penglihatannya jauh lebih jelas. Lalu, bagaimana sih cara mengurangi mata minus?

Mata minus biasanya dapat terjadi karena beberapa faktor, baik dari faktor genetik, penggunaan elektronik, dan faktor lainnya. Sebagian orang mungkin ada yang sampai merogoh kocek demi mendapatkan perawatan mata minus, seperti operasi.

Akan tetapi, mata minus juga dapat disembuhkan secara alami dan cepat loh. Merangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara mengurangi mata minus secara alami.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Cepat dan Alami

1. Wortel

Mungkin sudah tidak asing lagi mengapa wortel menjadi salah satu tumbuhan sayur yang banyak khasiatnya untuk kesehatan, salah satunya mengurangi mata minus. Wortel diketahui mengandung beta-karoten yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A.

Sebagaimana diketahui, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata, terutama menyembuhkan mata minus.

Jika ingin mengurangi mata minus secara alami tanpa efek samping, cobalah untuk mengonsumsi dua gelas jus wortel sehari selama satu bulan.

2. Lidah buaya

Selain wortel, cara menyembuhkan mata minus berikutnya adalah mengonsumsi lidah buaya. Lidah buaya diklaim memiliki kandungan gizi yang dapat mengurangi mata minus dengan cepat. Rutinlah minum jus lidah buaya dalam satu minggu dan rasakan khasiatnya..

3. Buah bit

Buah bit dipercaya sebagai salah satu cara mengurangi mata minus. Blender buah bit dengan tambahan belimbing atau wortel untuk mendapatkan manfaat yang lebih manjur.

4. Daun sirih

Cara mengurangi mata minus dengan daun sirih bisa menjadi solusi yang dapat dicoba. Daun sirih memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk mengurangi mata minus. Caranya, siapkan dua lembar daun sirih segar yang telah dicuci hingga bersih.

Setelah itu, tempelkan daun sirih yang sudah dicuci tersebut pada mata sebelum tidur dan lepaskan di esok harinya.

5.Senam mata

Mengurangi minus pada mata dapat melakukan senam mata. Sebagai informasi, mata yang lelah dapat membuat kecacatan mata seperti mata minus.

Cara ini dapat dilakukan dengan menggerak-gerakkan mata secara ringan untuk merangsang otot mata agar berkontraksi dengan baik.

6. Terapi lilin

Selain senam, cara mengurangi mata minus dapat dilakukan dengan terapi lilin. Terapi ini merupakan cara tradisional yang diklaim ampuh untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat.

Caranya, nyalakan lilin dan tatap cahaya tersebut selama beberapa menit. Usahakan tidak berkedip sampai air mata keluar.

Jika sudah keluar, hentikan dan ulangi keesokan harinya untuk mendapat hasil yang maksimal. Akan tetapi, perlu diingat juga jangan melakukan hal ini secara berlebihan.

7. Menjemur mata di pagi hari

Mungkin cara ini terbilang aneh bagi sebagian orang. Akan tetapi, menjemur mata di pagi hari merupakan salah satu cara mengurangi mata minus. Lakukan cara ini dengan menutup kedua mata dan arahkan mata ke arah matahari sampai terasa hangat.

8. Latihan fokus menggunakan telunjuk

Sama seperti lilin, cara ini memfokuskan penglihatan mata pada suatu titik untuk mengurangi mata minus. Cara gampangnya, gunakan jari telunjuk sebagai fokus titik penglihatan. Kemudian alihkan fokus ke objek yang jauh di belakang telunjuk.

Lakukan cara ini tanpa melirik arah lain dan menggeser kepala. Ulangi hingga 10 kali sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

9. Teknik eye palming

Cara mengurangi mata minus selanjutnya bisa menggunakan teknik eye palming. Teknik ini dilakukan dengan cara menggosok kedua tangan hingga terasa hangat dan tutupi mata menggunakan kedua tangan tersebut.

10. Lepas kacamata

Lepas kacamata ketika sudah tidak diperlukan dapat menjadi salah satu cara alami mengurangi mata minus.

Sebagaimana diketahui, memakai kacamata akan membuat mata menjadi fokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata. Hal inilah yang membuat otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak.

Itulah beberapa cara mengurangi mata minus secara alami tanpa perlu merogoh dompet demi operasi.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)