7 Obat Bisul Alami yang Manjur dan Bikin Cepat Sembuh

ADVERTISEMENT

7 Obat Bisul Alami yang Manjur dan Bikin Cepat Sembuh

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Selasa, 21 Des 2021 06:55 WIB
pharmacist suggesting medical drug to buyer in pharmacy drugstore
Obat bisul alami (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Bisul bisa muncul di area tubuh manapun, terutama wajah, leher, ketiak, bahu dan juga bokong. Jangan coba-coba memecahkan bisul secara paksa karena malah bisa membuat infeksi jadi lebih parah. Cara menyembuhkan bisul sebaiknya dengan obat bisul alami.

Bisul terjadi karena adanya infeksi pada folikel rambut sehingga akhirnya kulit membengkak, terisi oleh nanah, dan menimbulkan nyeri. Pada dasarnya, bisul akan sembuh sendiri dalam kurun waktu sekitar dua minggu.

Meski tidak berbahaya, tapi bisul bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman. Terlebih lagi jika bisul tumbuh di wajah akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Belum lagi rasa nyeri yang didapat jika bisul ada di bokong atau ketiak.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena bisul, meliputi:

  • Tidak menjaga kebersihan dengan baik
  • Mencukur dengan tidak tepat
  • Memiliki luka kecil di kulit
  • Memiliki kondisi kulit tertentu, seperti jerawat atau eksim
  • Memiliki gangguan kekebalan, yang membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi bakteri
  • Melakukan kontak dekat dengan seseorang yang menderita bisul, seperti berbagi pisau cukur atau handuk

Obat Bisul Alami yang Bikin Cepat Sembuh

Tidak dianjurkan untuk memencet, meremas, atau memecahkan bisul secara paksa. Dikutip dari healthline, lebih baik gunakan obat bisul alami berikut:

1. Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi kunyit dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat.

Apabila ingin diminum caranya cukup sederhana, rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, lalu dinginkan. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Bisa juga dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air, jahe, atau keduanya hingga membentuk pasta kunyit. Kemudian, oleskan pasta ke bagian yang bisul setidaknya dua kali sehari.

2. Kompres Air Hangat

Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi di suatu area, membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tersebut untuk melawan infeksi. Kompresan air hangat untuk bisul adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik yang bisa dicoba.

Caranya sangat sederhana, ambil handuk kecil, lalu celupkan ke air hangat, kemudian diperas. Setelah itu, letakkan di area yang bisul selama 20 menit. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari hingga bisul dirasa mulai mengempes dan hilang.

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau yang populer disebut tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul.

Minyak pohon teh tidak boleh dioleskan langsung ke kulit karena dapat menimbulkan efek terbakar. Sebagai gantinya, campurkan lima tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh minyak kelapa atau zaitun.

Letakkan minyak pohon teh encer pada kapas dan oleskan pada bisul sebanyak dua atau tiga kali sehari. Lakukan ini setiap hari sampai bisul benar-benar hilang.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri sehingga cocok digunakan sebagai obat bisul alami. Cukup hancurkan bawang putih, lalu gunakan kain kasa bersih atau semacamnya, untuk kemudian ditempatkan pada bisul selama sekitar 10-30 menit.

5. Garam Epsom

Garam epsom atau garam inggris tidak digunakan untuk memasak. Garam ini biasanya digunakan sebagai campuran untuk berendam dan membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu, salah satunya untuk obat bisul alami.

Garam epsom dapat membantu mengeringkan nanah, dan membuat bisul mengering. Cukup larutkan garam Epsom dalam air hangat dan rendam kompresan di dalamnya. Letakkan kompres di area yang bisul selama 20 menit. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.

6. Minyak jarak

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat, yang merupakan anti-inflamasi alami namun ampuh. Dikombinasikan dengan sifat antibakterinya yang kuat, menjadikan minyak jarak sebagai pengobatan alami yang bagus untuk dicoba pada bisul.

Oleskan sedikit minyak jarak langsung ke area yang bisul selama setiap hari. Lakukan setidaknya tiga kali sehari sampai bisul mereda dan hilang.

7. Minyak Nimba

Minyak nimba atau minyak neem adalah minyak yang diproses dari biji yang diperoleh dari pohon nimba atau Azadirachta indica. Minyak ini tidak hanya digunakan untuk membasmi serangga saja, melainkan juga untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat bisul alami.

Untuk mengobati bisul dengan minyak nimba, cukup oleskan minyak langsung ke bisul sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Pastikan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskannya.

Obat bisul alami bisa sangat efektif untuk bisul kecil. Pastikan untuk menggunakannya secara rutin agar hasilnya membaik dan bisul cepat hilang.

Jika belum melihat hasil setelah 5 hingga 7 hari, atau jika bisul semakin membesar, lebih menyakitkan, dan mulai menunjukkan tanda-tanda infeksi, sebaiknya konsultasikan ke dokter.



Simak Video "AS Berencana Cabut Status Darurat Covid-19, Indonesia Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT