Kamis, 23 Des 2021 04:59 WIB

Ampuh! 10 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background Mengobati sakit gigi (Foto: iStock)
Jakarta -

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Rasa sakit yang timbul seperti nyeri dan nyut-nyutan, tentu tidak nyaman dan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Sakit gigi umumnya bermanifestasi sebagai rasa sakit yang tajam atau menusuk, yang mungkin sangat parah sehingga tidak memungkinkan seseorang untuk makan, tidur, atau beristirahat dengan nyaman.

Apa Penyebab Sakit Gigi?

Sakit gigi terjadi karena saraf pulpa di dalam gigi teriritasi atau terinfeksi oleh bakteri (abses), mereka dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Sebab, saraf pulpa termasuk yang paling sensitif di area tubuh manusia.

Ketika sakit gigi kadang tak bisa langsung diatasi dengan pergi ke dokter. Di saat inilah cara mengobati sakit gigi yang alami dan obat-obatan darurat diperlukan untuk meringankan rasa nyeri dan nyut-nyutan.

Dikutip dari berbagai sumber berikut rangkumannya.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

1. Kompres Es

Kompres dengan es adalah langkah awal dan teknik termudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa nyut-nyutan sakit gigi. Es dapat membuat area tersebut mati rasa dan biasanya membuat seseorang merasa nyaman saat kompres es ditempelkan di area gigi yang sakit.

Caranya adalah es dibungkus handuk dan disentuhkan pada bagian yang membengkak akibat sakit gigi. Biasanya area wajah atau rahang. Kompres selama 15-20 menit biasanya mampu meringankan nyeri saat sakit gigi.

2. Berkumur Air Garam

Cara mengobati sakit gigi darurat yang sering diterapkan di rumah yaitu dengan menggunakan air garam untuk berkumur. Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu menyembuhkan pembengkakan, dan membersihkan gigi dari sisa makanan.

Caranya, larutkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat atau air biasa, lalu kumur larutan garam tersebut beberapa kali. Ulangi jika perlu.

3. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. kandungan eugenol terbukti efektif sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi. Selain itu, juga dapat menekan risiko peradangan ketika terjadi gangguan dalam rongga mulut.

Untuk mengaplikasikan cara ini, cukup dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas, kemudian disentuhkan pada bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit berkurang. Cara lainnya adalah melarutkan minyak cengkeh dalam segelas air dan digunakan sebagai obat kumur.

4. Kantong Teh Peppermint

Kandungan mentol yang terdapat dalam peppermint berfungsi sebagai anti bakteri dan anti oksidan. Mentol juga memiliki sifat mati rasa yang dapat digunakan untuk mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit sehingga efektif untuk meredakan sakit gigi.

Cara menggunakannya, diamkan terlebih dahulu kantong teh peppermint yang telah digunakan sampai suhunya normal, kemudian sentuhkan pada area yang sakit. Atau bisa juga dengan menggunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk pengobatan, salah satunya untuk mengobati sakit gigi. Kandungan allicin yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai zat antibakteri alami, yang dapat membunuh bakteri berbahaya penyebab plak dan menghilangkan rasa sakit.

Bagi yang ingin mencobanya, bawah putih bisa dihancurkan terlebih dulu menjadi pasta. Campuran bawang putih bisa ditambah garam secukupnya sebelum diaplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lainnya, dengan mengunyah langsung bawang putih segar untuk meredakan sakit gigi.

6. Bawang Merah

Bawang merah menjadi alternatif bagi yang tidak suka dengan aroma bawang putih sebagai cara mengobati sakit gigi. Senyawa anti mikroba dan anti septik dalam bawang merah membantu mengendalikan rasa nyeri.

Sebagai obat, bawang merah bisa langsung dikunyah untuk meredakan rasa sakit. Cara lainnya adalah menghaluskan bawang merah dan menempelkannya ke bagian yang sakit. Saat sakit gigi sudah reda sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

7. Jahe

Jahe mengandung antibiotik alami yang mampu meredakan rasa nyeri. Jahe tak hanya digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi, namun juga ketika perut terasa tidak nyaman.

Caranya, cuci dan kupas satu inci jahe segar dan mulailah mengunyahnya perlahan di sekitar area yang sakit. Kunyah selama satu atau dua jam dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Atau bisa juga dengan menggeprek jahe lebih dulu dan ditempelkan ke bagian yang sakit.

8. Kunyit

Tak hanya jahe, kunyit juga dikenal dengan khasiat penyembuhannya karena mengandung anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat dapat mengurangi rasa sakit pada gigi.

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat sakit gigi, bisa dengan bubuk kunyit. Caranya, buat pasta bubuk kunyit dengan sedikit air dan oleskan ke daerah yang sakit. Bisa juga dicampur dengan madu sebagai pengganti air dan dioleskan ke gigi yang sakit.

9. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat antimikroba yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit gigi. Untuk mengobatinya, daun jambu biji yang segar kemudian dicuci. Setelah itu, dapat langsung dikunyah untuk membantu menyembuhkan sakit gigi.

Cara lainnya adalah dengan merebus daun jambu biji dan menggunakannya sebagai obat kumur. Daun jambu biji telah terbukti efektif sebagai obat jangka pendek dengan efeknya yang cepat.

10. Ekstrak Vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu membunuh kuman dan mematikan rasa di daerah sekitar gigi yang sakit. Selain itu, sifat antioksidan juga menjadi penyembuh yang efektif. Pastikan untuk menggunakan vanila asli daripada vanila imitasi.

Untuk menggunakan ekstrak vanila sebagai obat sakit gigi, caranya adalah langsung mengoleskan ekstrak vanila ke area yang sakit atau bisa gunakan kapas dan tahan di area yang sakit tersebut.



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)