Kamis, 23 Des 2021 07:34 WIB

Tambah Lagi, Kasus Varian Omicron di Indonesia Jadi 8 Orang

Ayunda Septiani - detikHealth
covid-19 omicron variant vaccination concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Teka77
Topik Hangat Omicron Masuk RI!
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI mengumumkan penambahan kasus varian COVID-19 Omicron. Kasus positif varian Omicron di Indonesia bertambah 3 orang sehingga sampai saat ini jumlah kasus positif ada 8.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan 3 kasus baru itu merupakan pelaku perjalanan luar negeri dari Malaysia dan Kongo.

"Saat ini sudah ada tambahan kasus lagi, satu orang dari Malaysia dan dua orang dari Kongo. Mereka ini Pekerja Migran Indonesia. Saat ini mereka sedang menjalani karantina di Wisma Atlet Jakarta," kata Nadia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/12).

Nadia menjelaskan kedua warga tersebut positif varian Omicron berdasarkan pemeriksaan Whole Genome Sequence (WGS) yang hasilnya baru keluar akhir-akhir ini.

Kasus tersebut juga sudah dilaporkan melalui lembaga Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID). GISAID merupakan sebuah lembaga bank data yang saat ini menjadi acuan untuk data genom virus corona SARS-CoV-2.

Selain itu, Nadia juga mengungkap kondisi tiga kasus baru varian Omicron dalam kondisi tidak bergejala. Ia juga memastikan bahwa dengan temuan kasus itu, maka seluruh kasus Omicron di Indonesia merupakan imported case atau kasus dari penularan perjalanan luar negeri.

"Tidak ada gejala," ujar Nadia.

Total kasus Omicron di Indonesia saat ini sudah ada 8 kasus positif yang terdeteksi saat ini. Mereka yang terinfeksi sebelumnya antara lain petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran, dan masing-masing WNI pelaku perjalanan dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Tambahan dua kasus juga berasal dari London, Inggris. Dan tambahan baru dua kasus dari Kongo dan satu kasus dari Malaysia.

Simak Video '4 Langkah Pemerintah Antisipasi Omicron Merebak saat Nataru':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Temuan Seputar Varian Omicron yang Perlu Jadi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)
Topik Hangat Omicron Masuk RI!