Kamis, 23 Des 2021 09:23 WIB

WHO Beri 'Angin Segar' Soal Pandemi COVID-19, Optimistis Berakhir di 2022

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dunia memiliki sumber daya yang cukup untuk mengakhiri pandemi COVID-19 di tahun 2022 mendatang. WHO optimistis pandemi Corona berakhir 2022.

"2022 harus menjadi akhir dari pandemi COVID-19," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam agenda temuan mingguan, dikutip dari laman resminya Kamis (23/12/2021).

Tedros mengatakan dia yakin pandemi akan berakhir tahun depan karena para ahli sudah mengenal virus dengan sangat baik dan kami memiliki semua alat untuk melawannya.

Hanya saja untuk mencapai hal ini, pasokan vaksin harus cukup untuk memvaksinasi seluruh populasi orang dewasa global dan memberikan booster kepada populasi berisiko tinggi pada kuartal pertama tahun 2022.

Masalah besar yang harus diatasi adalah menjaga kesetaraan di seluruh dunia dan negara-negara miskin juga harus mendapat pasokan vaksin yang setara.

"Kecuali kita memvaksinasi seluruh dunia, saya rasa kita tidak bisa mengakhiri pandemi ini," pungkasnya.

Sementara itu, WHO masih memantau apakah gejala yang ditimbulkan dari Omicron separah varian sebelumnya seperti Delta. Mereka menyebut data mengenai keparahan varian Omicron masih tidak pasti.

(kna/up)