Peneliti Ungkap Ciri-ciri Balita Kena COVID-19: Mendadak Susah Makan

ADVERTISEMENT

Peneliti Ungkap Ciri-ciri Balita Kena COVID-19: Mendadak Susah Makan

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 23 Des 2021 13:37 WIB
Mother feeding the cry baby son with a spoon
Foto: Getty Images/filadendron
Jakarta -

Gejala infeksi COVID-19 pada anak sulit dibedakan karena biasanya relatif ringan atau tanpa gejala. Namun, menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ada ciri tertentu yang bisa orang tua perhatikan.

Anak balita yang tiba-tiba jadi susah makan atau menghindari makanan padat disebut bisa jadi tanda terinfeksi COVID-19. Ini karena dampak virus pada indera penciuman dan pengecap anak sehingga rasa makanan jadi berubah.

Dokter mengamati fenomena ini pada dua balita berusia di bawah 18 bulan yang terinfeksi COVID-19. Saat mengonsumsi makanan padat, kedua balita sulit mengunyah dan akhirnya memuntahkan kembali makanannya.

Kondisi ini berlanjut bahkan setelah 6-8 bulan dari sejak awal diagnosis. Kedua anak perlu waktu sampai bisa kembali mengonsumsi makanan padat dalam porsi seperti sebelum terinfeksi COVID-19.

"Keengganan makan pada anak-anak yang bicaranya belum lancar bisa jadi tanda diperlukannya tes untuk infeksi SARS-CoV-2," tulis tim dokter dalam jurnal seperti dikutip dari Reuters, Kamis (23/12/2021).



Simak Video "99% Warga RI Kebal Covid-19, Kemenkes: Kuncinya Kelengkapan Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT