ADVERTISEMENT

Kamis, 23 Des 2021 20:30 WIB

10 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Ilustrasi Sakit Tenggorokan Deretan obat radang tenggorokan yang bisa dicoba di rumah. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Radang tenggorokan kerap terjadi ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Selain itu, faktor cuaca yang ekstrem, alergi debu, polusi udara, hingga kebiasaan berteriak juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Tak perlu bingung karena radang tenggorokan bisa disembuhkan tanpa obat.

Sebagian kasus radang tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, yang kemudian mengakibatkan peradangan. Paparan infeksi bakteri biasanya akan menunjukkan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan infeksi virus.

Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan rasa sakit saat menelan makanan atau minuman, sulit bernapas, ruam merah pada langit-langit mulut, suara serak, bahkan demam tinggi. Hal itu tentu membuat aktivitas terasa tidak nyaman dan cukup terganggu.

Jika sakit tenggorokan dirasa masih ringan, ada baiknya untuk melakukan pengobatan di rumah dengan bahan-bahan alami. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara menyembuhkan radang tenggorokan yang aman tanpa obat.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi cairan terutama air putih dapat meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Terlebih jika mengonsumsi air putih hangat.

Ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Dengan minum banyak air putih, selaput lendir akan tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi.

2. Mengonsumsi Madu

Madu juga bisa menjadi obat radang tenggorokan. Madu dikenal memiliki sifat antimikroba. Dalam hal sakit tenggorokan, termasuk tenggorokan kering, madu sudah dipelajari dalam konteks tonsilektomi efektif sebagai pengobatan. Madu juga efektif dalam mengurangi beberapa penyakit, seperti virus influenza.

Cara mengonsumsinya bisa dengan mencampurkan dua sendok makan madu ke dalam segelas air hangat atau teh hangat. Bisa juga diminum secara langsung. Konsumsi madu secara rutin sesuai kebutuhan.

3. Konsumsi Perasan Air Lemon

Salah satu cara menyembuhkan radang tenggorokan dan sariawan tanpa obat adalah dengan perasan air lemon. Lemon tinggi akan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat meredakan radang dan sariawan.

Kandungan astringent yang ada di dalam jus lemon dapat membantu mengurangi pembengkakan di jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam sehingga dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh jus lemon dengan secangkir air hangat. Bisa juga dengan memeras lemon dan menambahkan sedikit madu untuk meredakan radang di tenggorokan.

4. Mengonsumsi Teh chamomile

Teh chamomile secara alami memberikan efek menenangkan. Teh ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, salah satunya untuk menenangkan radang tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Beberapa ulasan juga menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk radang tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan.

Cara mengonsumsinya, yaitu ambil 2 hingga 4 sendok makan bunga chamomile yang sudah dikeringkan, tambahkan air panas untuk menyeduhnya. Setelah air seduhan berwarna coklat keemasan, teh chamomile siap dinikmati.

5. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara untuk menyembuhkan radang tenggorokan pada ibu hamil dan orang dewasa. Cara ini dipercaya dapat membantu mengurangi keluhan peradangan pada tenggorokan.

Lakukan pada tenggorokan (gargle) 2 hingga 3 kali dalam sehari. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir air putih dan seperempat sendok garam, kemudian kumur beberapa kali. Jangan berikan cara ini pada anak-anak yang masih terlalu kecil atau belum mampu meludah ya.

6. Berkumur dengan Cuka Apel

Cuka apel bersifat asam yang dapat melapisi tenggorokan sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri untuk bertahan hidup. Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cuka apel, yaitu dengan mencampurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumur dengan cairan ini setiap empat jam.

7. Berkumur dengan Soda Kue

Berkumur dengan soda kue yang dicampur dengan air garam juga dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Berkumur dengan larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.

Caranya yaitu dengan mengombinasikan 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam, lalu kumur larutan tersebut setiap tiga jam sesuai kebutuhan.

8. Berkumur dengan Air Kunyit

Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi. Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat bisa campurkan 1/2 sdt kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

9. Mengonsumsi Teh Akar Manis

Akar manis alias akar licorice telah lama digunakan untuk mengobati radang tenggorokan dan sariawan. Penelitian terbaru menunjukkan hal ini efektif bila dicampur dengan air untuk berkumur. Selain untuk berkumur, Mengonsumsi teh akar manis juga bisa untuk meredakan batuk, radang tenggorokan, nyeri perut, ataupun kram.

Caranya cukup mencampurkan 1 sendok makan (15 ml) akar manis halus dengan 2 cangkir (500 ml) air dalam panci kecil. Didihkan campuran tersebut dengan api kecil selama 15-20 menit, kemudian saring. Teh akar manis siap untuk diminum.

10. Menghirup Udara yang Lembab

Saat sedang radang tenggorokan biasanya akan menjalar ke flu dan batuk. Cara menyembuhkan radang tenggorokan salah satunya bisa dengan pelembap udara (humidifier).

Udara yang lembap pada saluran napas bagian atas akan membantu membersihkan lendir dan cairan akibat peradangan. Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan flu adalah dengan menghirup uap panas yang terbuat dari air rebusan sereh dan beberapa tetes minyak telon.



Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT