Jumat, 24 Des 2021 19:49 WIB

Pakar Sebut Omicron di RI Tambah 11 Kasus!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tiba di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/12). Varian Omicron disebut bertambah 11 kasus.(Foto: Pradita Utama)
Topik Hangat Omicron Masuk RI!
Jakarta -

Kasus Omicron di Indonesia disebut bertambah 11 kasus. Hal ini diungkap pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Adapun 11 kasus baru Omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Seluruh kasus disebut Pandu berhasil diidentifikasi di Bandara dan langsung diisolasi.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Pandu mengungkap informasi tersebut didapat dari pihak Kemenkes RI.

"Iya, itu berita dari Kemenkes ya," kata Pandu saat dihubungi detikcom Jumat (24/12/2021).

"Hari ini ada tambahan 11 kasus #omikron semuanya WNI pelaku perjalanan LN. Total 19 kasus omikron. 6 Pelaku perjalanan dari Turki, 3 dari Jepang, 3 dari London, 2 dari Kongo, dan sisanya Malaysia, USA, Arab Saudi," terangnya di akun Twitter pribadi, Jumat (24/12/2021).

"Skrining di Bandara berhasil mengidentifikasi dan mengisolasi," lanjut Pandu.

Bila dicek di data GISAID, lembaga Global Initiative on Sharing All Influenza Data, Indonesia benar mencatat 11 kasus Omicron per Jumat (24/12/2021). GISAID merupakan sebuah lembaga bank data yang saat ini menjadi acuan untuk data genom virus corona SARS-CoV-2.

Sementara Kementerian Kesehatan, melalui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) dr Siti Nadia Tarmizi belum memberikan tanggapan atau konfirmasi lebih lanjut terkait 11 kasus baru varian Omicron. Per pukul 3 sore sebelumnya, dr Nadia masih menyatakan nihil kasus baru Omicron.

Simak video 'Sudah Ada 8 Kasus Omicron di RI, Kemenkes Beri Imbauan ke Pemda':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)
Topik Hangat Omicron Masuk RI!