Jumat, 24 Des 2021 21:10 WIB

Ada 11 Kasus Baru Omicron RI, 6 Datang dari Turki

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Female doctor holds a face mask with - Omicron variant text on it. Covid-19 new variant - Omicron. Omicron variant of coronavirus. SARS-CoV-2 variant of concern Kemenkes temukan 6 pelaku perjalanan dari Turki terinfeksi Omicron Foto: Getty Images/iStockphoto/golibtolibov
Topik Hangat Omicron Masuk RI!
Jakarta -

Kasus COVID-19 varian Omicron kembali terdeteksi di Indonesia. Pada hari ini, Jumat (24/12/2021) baru saja bertambah 11 kasus sehingga total keseluruhan menjadi 19 kasus.

Adapun 11 kasus konfirmasi Omicron tersebut merupakan imported case, 6 di antaranya pelaku perjalanan internasional yang berasal dari Turki. Sedangkan 3 lainnya berasal dari Jepang, 1 dari Korea Selatan dan 1 dari Arab Saudi.

Keenam kasus tersebut di antaranya berinisial DAH (58), NAN (21), SS (53), ADS (49), NF (59) dan ASPP (21).

Dengan meningkatnya kasus Omicron, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau agar masyarakat menunda perjalanan ke luar negeri dan tetap waspada dengan penyebaran virus Omicron. Tak hanya itu, disiplin menjalankan protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi.

"Kesadaran diri untuk tidak bepergian terlebih dahulu harus dilakukan. Apalagi di tengah suasana libur Natal dan Tahun Baru ini penting bagi kita untuk saling menjaga satu sama lain" tegasnya dalam keterangan pers dikutip dari situs resmi Kemenkes, Jumat (24/12/2021).

Sebelumnya, berita kasus terkonfirmasi Omicron dibeberkan oleh epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono melalui akun Twitternya.

"Hari ini ada tambahan 11 kasus #omikron semuanya WNI pelaku perjalanan LN. Total 19 kasus omikron. 6 Pelaku perjalanan dari Turki, 3 dari Jepang, 3 dari London, 2 dari Kongo, dan sisanya Malaysia, USA, Arab Saudi," terangnya di akun Twitter pribadi, Jumat (24/12/2021).

"Skrining di Bandara berhasil mengidentifikasi dan mengisolasi," lanjut Pandu.



Simak Video "Simak! 7 Gejala Awal Terpapar Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)
Topik Hangat Omicron Masuk RI!