ADVERTISEMENT

Minggu, 26 Des 2021 08:17 WIB

5 Ide Resolusi Sehat Fisik dan Mental di Tahun Depan

Nada Zeitalini - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tahun baru bisa menjadi semangat baru untuk mulai menata diri menjadi lebih baik. Salah satunya dengan membuat resolusi tahun baru untuk satu tahun ke depan.

Jangan hanya sekadar resolusi keuangan ya, persiapkan juga perencanaan untuk kesehatan fisik dan mental yang lebih baik di tahun 2022 nanti. Tentunya dari fisik dan mental yang baik juga akan mendukung berbagai resolusi lainnya berjalan lancar sesuai harapan.

Nah, kurang dari satu minggu menuju penghujung akhir tahun apakah kamu sudah menyiapkan resolusi 2022? Jika belum, yuk susun resolusi kesehatan fisik dan mental untuk menyambut tahun yang baru.

Dilansir dari benenden health, berikut 5 ide resolusi fisik dan mental di tahun baru yang bisa kamu ikuti!

1. Cukupi Minum Air Mineral

Mengkonsumsi air mineral atau air putih bukan hanya sekedar penghilang dahaga. Tubuh ternyata membutuhkan takaran minimal asupan air mineral per hari. Selain itu minum dengan cukup sangat penting untuk kesehatan yang baik.

Direkomendasikan untuk minum 6-8 gelas air sehari (atau total 1,5 hingga 2 liter). Untuk menyambut tahun baru dengan fisik yang lebih baik, maka masukan ini dalam resolusi kesehatanmu. Wajibkan diri untuk minum air mineral dengan cukup setiap harinya.

2. Perbaiki Kualitas Tidur

Ide resolusi kedua adalah memperbaiki kualitas tidur. Saat tubuh kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Misalnya rentan terhadap penyakit besar, mulai dari obesitas hingga depresi. Untuk itu tubuh membutuhkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap harinya.

3. Rutin Berjalan Kaki

Nah, ini juga hal yang penting untuk kesehatan namun seringkali terlupakan. Lakukanlah olahraga jalan meski hanya 5-10 menit sehari.

Berjalan dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan mood, dan meningkatkan kualitas tidur. Yuk mulai berjalan lebih banyak pada tahun 2022, cobalah melakukannya dalam 5 menit agar tidak terlalu memberatkan.

4. Lakukan Peregangan

Padatnya aktivitas harian mungkin saja menyebabkan terjadinya cedera dan sebagainya. Peregangan dinamis dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerakan, serta mengurangi risiko cedera. Mulai lah dengan melakukan peregangan saat bangun tidur.

5. Perbaiki Asupan Makanan

Memperbaiki kesehatan tentu bisa dimulai dari memperbaiki pola makan. Ide resolusi kesehatan di tahun yang baru bisa kamu mulai dengan memperbaiki asupan makanan. Hindari atau kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji.

Mulailah membuat perencanaan makanan sehat dan membuat resep-resep makanan sendiri. Tantang diri untuk memasak dan makan sesuatu satu resep baru setiap minggu. Pastikan makanan yang dikonsumsi cukup asupan nutrisi dan gizi.

Itulah beberapa ide resolusi kesehatan fisik dan mental menyambut tahun 2022 yang bisa kamu ikuti. Tentu masih banyak pula ide-ide lain yang bisa dijadikan resolusi untuk menjadikan diri lebih baik di tahun yang baru.

Ide resolusi ini juga bisa didukung dengan sejumlah aktivitas dari Under Armour yang sedang mengusung kampanye kampanye The Only Way is Through (TOWIT). Hal ini dilakukan untuk mendukung kekuatan fisik dan mental yang lebih baik. Bersama dengan para atlet Under Armour salah satunya Adinda Sukardi yang pernah berjuang membangkitkan kebugaran selama pandemi.

"Saya berada di posisi terendah. titik hidup saya, di mana saya tidak bisa melatih. Ini membawa saya turun cukup sedikit, tapi aku berhasil menemukan kekuatan mental saya, dan itu menyelamatkan saya dari jatuh," kata Adinda Sukardi dalam keterangan tertulis.

Ini mungkin juga bisa jadi penyemangatmu menyusun resolusi kesehatan fisik dan mental untuk tahun 2022. Sebagai informasi, TOWIT merupakan kampanye tahunan dari Under Armour dimana tahun ini tema yang diangkat adalah kekuatan mental. Dalam kampanye ini akan ada kegiatan yang berkaitan dengan kekuatan mental. Lewat kampanye ini, seluruh Atlet Under Armour juga akan aktif berkampanye di media sosial mereka.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel Selengkapnya