Minggu, 26 Des 2021 10:04 WIB

12 Obat Sakit Perut Alami yang Ampuh, Air Putih hingga Madu

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Cara Menyimpan Jahe yang Benar Obat sakit perut. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Obat sakit perut banyak sekali ditemukan di apotek. Namun, tak sedikit orang yang memilih cara alami untuk mengatasi masalah perut. Sakit perut sendiri bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, khususnya gangguan pencernaan.

Beberapa gejala yang ditimbulkan memang sangat mengganggu untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu mual, perut kembung, hingga muntah.

Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (26/12/2021) berikut beberapa obat sakit perut alami yang mudah ditemukan di rumah dan ampuh mengatasi sakit perut dengan cepat.

Obat Sakit Perut

1. Air putih

Air putih memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan yang ampuh atasi berbagai jenis masalah kesehatan. Bahkan, air putih juga bisa dijadikan sebagai obat sakit perut alami.

Jika rasa sakit perut yang ditimbulkan akibat aktivitas asam lambung yang tinggi, air putih dapat menetralisirkannya.

2. Jahe

Obat sakit perut berikutnya adalah Jahe. Kandungannya yang anti radang, ampuh atasi mual, kembung, gastroprotektif, hingga menjaga imunitas tubuh. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk jamu atau minuman hangat.

3. Lidah buaya

Selain bagus untuk kesehatan rambut dan wajah, lidah buaya juga dapat mengatasi sakit perut. Kandungannya yang bersifat antiradang dan kaya akan serat mampu menjadikan lidah buaya salah satu obat sakit perut alami. Lidah buaya dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau minuman lainnya.

4. Teh chamomile

Teh chamomile juga bisa dijadikan sebagai obat sakit perut alami karena memiliki sifat antiradang. Konsumsi teh kamomil secara rutin dapat membantu meredakan kembung, kram menstruasi, hingga perut sakit akibat gangguan pencernaan.

5. Kunyit

Kunyit dipercaya sebagai obat sakit perut alami yang sudah ada sejak dulu. Kandungan kunyit yang bersifat antiradang, mampu menebalkan dinding perut agar tidak mudah iritasi akibat asam lambung

Selain itu, kunyit juga dapat mengurangi rasa sakit perut akibat nyeri menstruasi dengan cepat, loh.

6. Madu

Berdasarkan studi yang dipublikasikan beberapa tahun lalu, madu diklaim ampuh sebagai obat sakit perut alami. Kandungannya yang kaya antioksidan dan antiradang, mampu melindungi selaput lendir dalam perut.

7. Cuka apel

Obat sakit perut berikutnya adalah cuka apel. Asam dalam cuka sari apel dapat mengurangi rasa sakit dan ampuh menjaga bakteri dalam usus agar tetap sehat. Untuk mengonsumsi cuka apel, bisa dengan tambahan air dan madu.

8. Terapi panas

Perut yang sakit juga bisa diredakan dengan terapi panas. Letakan handuk atau heating pad pada area perut agar otot-otot yang kejang bisa lebih rileks.

9. Teh peppermint

Peppermint kerap kali disebut sebagai obat sakit perut yang ampuh. Hal tersebut karena kandungan mentol dalam daunnya yang berfungsi untuk meredakan nyeri

10. Air kelapa

Tidak hanya nikmat dijadikan sebagai minuman penyegar, air kepala juga diklaim sebagai obat sakit perut alami. Kandungan magnesium dan potasium dalam air kelapa, bisa mengurangi kram perut serta kejang otot.

11. Kayu manis

Menurut studi riset yang dilakukan oleh peneliti di RMIT University, Australia, menyebut kayu manis dapat memberikan efek mengurangi produksi gas di dalam lambung.

12. Diet BRAT

Obat sakit perut selanjutnya adalah dengan cara diet BRAT. Diet ini adalah kombinasi antara pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang yang bisa dikonsumsi untuk atasi sakit perut. Selain itu, diet BRAT juga dapat mengobati rasa mual dan diare akibat sakit perut.

Itulah 12 obat sakit perut yang ampuh dan mudah dicari. Jika bahan-bahan alami tersebut tidak memberikan pengaruh, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)