Senin, 27 Des 2021 05:30 WIB

9 Obat Flu Alami, Cespleng Usir Batuk Pilek

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
The businessman is unable to work, she is sick and sneezing heavily in bed. Obat flu alami (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang yang terkena virus influenza atau flu akibat musim hujan yang kerap datang belakangan ini. Mengonsumsi obat flu alami adalah salah satu solusi yang tepat untuk meredakan pilek membandel ini.

Mengutip dari berbagai sumber, Minggu (26/12/2021), flu adalah virus influenza yang menyerang saluran pernapasan bagian atas, seperti hidung dan tenggorokan. Umumnya gejala yang ditimbulkan berupa hidung mampet dan sulit untuk bernapas.

Meskipun tergolong penyakit ringan, flu dapat mengganggu segala aktivitas sehari-hari. Bahkan jika tidak diobati, flu dapat mengakibatkan demam tinggi akibat infeksi yang sudah terlalu parah di saluran pernapasan.

Obat Flu Alami

Berikut sejumlah obat flu alami yang mudah dicari di rumah tanpa perlu bersusah payah pergi ke apotek pada kondisi musim hujan.

1. Sup ayam

Sup ayam dikenal sebagai obat flu alami yang sudah digunakan sejak zaman dulu. Menurut studi, menikmati semangkuk sup ayam dengan berbagai sayuran dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh.

Selain itu, sup ayam juga bisa mencairkan lendir di hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang membuat napas menjadi susah dan tersentak-sentak.

2. Jahe

Jahe memang dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu menyembuhkan berbagai kesehatan, terutama flu. Jahe disebut sebagai obat flu alami karena efektif melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Jahe juga dapat menangkal rasa mual akibat ingus atau dahak dan mengembalikan stamina tubuh yang tidak enak badan karena flu.

Caranya: Masukkan irisan jahe dalam air hangat dan minum campuran tersebut. Jangan lupa untuk rutin meminumnya 3 kali sehari agar cepat sembuh.

3. Madu

Madu bisa juga dijadikan sebagai obat flu alami. Kandungannya yang bersifat antibakteri dan antimikroba, mampu menyembuhkan pilek dengan cepat. Sebuah studi mengatakan bahwa madu efektif untuk menekan batuk yang umumnya muncul saat flu. Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan madu dengan teh hangat.

4. Air putih hangat

Mengonsumsi air hangat dengan rutin dapat mengencerkan lendir yang membuat hidung menjadi sulit untuk bernapas. Oleh karena itu, air putih bisa menjadi salah satu solusi sebagai obat flu alami.

5. Bawang putih

Obat flu alami berikutnya adalah bawang putih. Mengapa? Karena sifatnya yang antivirus dan antiradang ini mampu mencegah pilek dan flu yang membandel di saluran pernapasan kita. Cara yang paling efektif adalah memakan bawang putih mentah ataupun mencampurkannya ke dalam sup ayam.

6. Teh hijau

Teh hijau sudah sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menangkal berbagai penyakit, terutama flu. Menurut salah satu studi, teh hijau ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap infeksi flu.

7. Vitamin C

Vitamin C mungkin tidak secara langsung dapat mengobati flu atau pilek yang menyerang. Akan tetapi, vitamin c ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus ini. Selain vitamin C berbentuk kapsul, bisa juga mengonsumsinya melalui buah-buahan seperti jeruk, mangga, dan lainnya.

8. Makanan probiotik

Makanan probiotik bisa menjadi salah satu obat flu alami. Makanan probiotik mengandung bakteri baik yang mampu mengurangi risiko infeksi pada saluran pernapasan, salah satunya yogurt.

9. Daun mint

Daun mint merupakan obat flu alami yang bisa dicoba. Kandungan menthol dalam daun mint dapat "menyegarkan" saluran pernapasan. Selain itu, ekstrak daun mint juga memiliki cara kerja seperti obat dekongestan yang bisa mengencerkan lendir dalam hidung.

Selain obat flu alami, ada beberapa metode yang bisa meringankan gejala pilek atau flu. Dikutip dari Healthline, berikut caranya:

1. Kumur-kumur dengan air garam

Obat flu alami berikutnya bisa menggunakan metode kumur-kumur dengan air garam. Metode ini mampu mengurangi infeksi parah di saluran pernapasan atas dan bahkan meredakan sakit radang tenggorokan akibat flu.

Caranya: Larutkan garam pada air hangat dan kumur-kumur selama 30-60 detik.

2. Vaporub

Vaporub merupakan obat gosok yang mengandung zat aktif, seperti minyak eucalyptus, menthol dan camphor. Kandungan tersebut berfungsi untuk meredakan gejala flu dan pilek dengan cepat.

Caranya: Cukup gosokkan ke area hidung dan leher untuk mengencerkan lendir yang tersumbat.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat ini berguna untuk melembapkan lubang hidung dan membantu melegakan hidung yang tersumbat akibat flu. Namun perlu diingat, mandi air hangat tidak bisa menyembuhkan pilek atau flu karena hanya berguna untuk meringankan gejala pilek saja.

Itulah 9 obat flu alami dan berbagai metodenya yang ampuh meredakan pilek dengan cepat



Simak Video "China Deteksi Kasus Pertama Flu Burung H3N8 pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)