Senin, 27 Des 2021 12:02 WIB

Kronologi Kondisi yang Dialami Lesti Kejora hingga Harus Lahiran Prematur

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rizky Billar dan Lesti Kejora Pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Foto: Instagram @lestykejora)
Jakarta -

Lesti Kejora melahirkan anak pertamanya dengan Rizky Billar. Lesti Kejora melahirkan pada Minggu, 26 Desember, melalui operasi caesar.

Sang suami, Rizky Billar, mengungkap ada kondisi darurat yang menyebabkan Lesti Kejora harus melahirkan sebelum tenggat waktu yang ditetapkan. Sebelum lahiran, Lesti Kejora harus dirawat selama tiga hari di rumah sakit karena kelelahan.

"Jadi waktu itu dede memang kan anaknya aktif banget ya, sempat kontraksi tuh paginya dede ngeflek nah pas kita hubungi rumah sakit Bunda kita disarankan untuk rawat inap selama tiga hari ya, observasi dulu," ungkap Rizky Billar di Channel Youtube Leslar Entertaiment.

Sementara itu dr Puspa, salah satu dokter yang menangani persalinan Lesti Kejora mengatakan usia kandungannya baru 34 minggu. Seharusnya, pedangdut yang berusia 22 tahun itu baru melahirkan pada akhir Januari atau awal Februari 2022.

Namun karena Lesti mengalami kontraksi dan flek, ia harus segera diterminasi, yakni tindakan medis untuk mengeluarkan bayi bukan pada waktu seharusnya.

Menurut dr Puspa, istri Rizky Billar itu mengalami kelelahan sehingga ia harus menjalani operasi caesar cito, yakni tindakan yang harus segera dilakukan karena dalam keadaan darurat.

"Ini kayaknya kecapekan nih. Sesuai instruksi dr Nana Agustina adalah diterminasi atau kita lakukan tindakan sectio caesarea malam ini juga, cito," ucap sang dokter beberapa saat sebelum Lesti melahirkan pada 26 Desember 2021 kemarin.

Pihak rumah sakit juga menegaskan bahwa tindakan operasi caesar Lesti Kejora itu di luar prediksi.

Operasi caesar darurat adalah operasi yang terjadi dengan sangat cepat karena kekhawatiran langsung terhadap kesehatan ibu dan/atau bayinya.

Dikutip dari laman Healthline, pada dasarnya operasi caesar darurat berarti bayi lahir sebelum tanggal yang dijadwalkan atau tidak direncanakan. Ini juga bisa berarti bahwa kesehatan Anda menjadi perhatian dan menunggu agar lahiran lengkap bukanlah pilihan yang tepat.



Simak Video "TOP 5: Kondisi Tukul Membaik, Kandungan Mikroplastik Dalam Galon"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)