Senin, 27 Des 2021 19:00 WIB

RI Disebut Bakal Mikro Lockdown, Gegara 1 Pasien Omicron Lolos Karantina?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
wooden blocks with the word omicron surrounded by wooden figurines as symbol for covid-19 crisis Varian Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/Thomas Stockhausen)
Topik Hangat Omicron Masuk RI!
Jakarta -

Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah bakal menerapkan kebijakan mikro lockdown untuk menangkal penyebaran varian Omicron.

"Melalui testing dan tracing yang kuat, langkah lockdown di level mikro, seperti yang dilakukan di Wisma Atlet, dapat kita implementasikan seandainya transmisi lokal varian Omicron sudah terdeteksi," kata Luhut dalam jumpa pers daring, Senin (27/12/2021).

Aturan tersebut akan diberlakukan jika ada transmisi lokal varian Omicron yang ditemukan di masyarakat. Mikro lockdown disebut bisa mencegah agar varian Omicron tidak meluas.

Bersamaan dengan itu, Luhut juga mengungkap adanya satu pasien Omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet. Satu pasien ini disebut juga sudah bepergian bersama keluarganya.

"Kemarin ternyata ada satu orang yang lolos dari situ karena pergi dengan keluarganya. Dan ini Kita harapkan tidak terjadi lagi," ungkapnya.

Penjelasan mikro lockdown

Terpisah, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan mikro lockdown ini tak ubahnya seperti PPKM mikro yang pernah diterapkan pemerintah sebagai salah satu upaya mengurangi penyebaran COVID-19 di masyarakat.

Praktiknya, jika ditemukan kasus COVID-19 dan pasien yang terpapar dalam jumlah banyak, lockdown bakal diberlakukan di satu RW atau satu kampung terkait. Pelaksanaannya seperti bantuan sosial akan dibantu oleh Satgas yang bertugas di tempat tersebut.

"Masalah micro lockdown itu intinya adalah kita menggunakan ppkm mikro jadi di samping ppkm level, dari awal kita sudah menggunakan ppkm mikro itu di mana ada satgas-satgas yang ada di kecamatan, tingkat kel dan desa, tingkat kampung, RW, bahkan ada yang tingkat RT," ujar Tito.

Kronologi lolosnya pasien Omicron dari Wisma Atlet bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Topik Hangat Omicron Masuk RI!