ADVERTISEMENT

Senin, 27 Des 2021 21:26 WIB

Penyakit Gonore Super Langka Menyebar di Inggris!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Word Gonorrhea on a paper and pills on the wooden table. Gonore (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Penyakit gonore super langka kini terdeteksi dan menyebar di Inggris. Bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual ini ditemukan pada pria heteroseksual berusia 20-an, yang diduga tertular di London, Inggris.

Gonore super langka yang disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae ini resisten terhadap antibiotik ceftriaxone, yang menjadi pengobatan utama untuk gonore. Umumnya, kasus seperti ini lebih banyak terjadi di kawasan Asia-Pasifik.

Beruntungnya, pria tersebut telah bisa diobati. Penyelidikan tengah dilakukan untuk mengidentifikasi serta membatasi penularan gonore super langka yang tengah terjadi saat ini.

Melihat kemunculan gonore super langka ini, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) memperingatkan orang-orang tentang pentingnya melindungi diri sendiri dari infeksi menular seksual (IMS). Kepala bagian IMS di UKHSA Dr Katy Sinka pun memberi saran agar penyakit langka ini tidak semakin menyebar.

"Menemukan jenis gonore ini di Inggris berfungsi sebagai pengingat akan masalah resistensi antibiotik pada IMS umum ini," kata Dr Katy yang dikutip dari Daily Star, Senin (27/12/2021).

"Untuk mengurangi risiko gonore dan IMS lainnya, kami merekomendasikan penggunaan kondom secara konsisten dan benar saat berhubungan dengan pasangan, termasuk pasangan baru," lanjutnya.

Dr Katy juga mengingatkan jika mengalami gejala terkait IMS, seperti keputihan yang tidak biasa, agar menghindari kontak seksual untuk sementara dan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Gejala gonore

Ada beberapa gejala gonore atau kencing nanah yang bisa terjadi, baik pada wanita maupun pria. Gejala yang sering muncul seperti keluarnya cairan kental berwarna hijau atau kuning dari vagina atau penis, nyeri dan rasa tidak nyaman di rektum, serta nyeri saat buang air kecil.

Tetapi, banyak juga orang yang terinfeksi tetapi tidak memiliki gejala apapun.

Para pria, infeksi ini bisa menyebabkan rasa sakit pada testis dan kelenjar prostat. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kesuburan.

Para wanita, gonore ini juga bisa menyebar ke organ reproduksi dan menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Ini bisa menyebabkan nyeri panggul jangka panjang, kehamilan ektopik, dan infertilitas.



Simak Video "Uniknya Klinik Gigi dengan Tema Bioskop di Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT