Selasa, 28 Des 2021 13:29 WIB

Year In Review 2021

Deretan Artis Jatuh Sakit di 2021, Tukul Arwana Pendarahan Otak-Dorce Alzheimer

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tukul Arwana saat tampil di acara Hitam Putih. Tukul Arwana mengalami pendarahan otak. (Foto: Pool/Ismail/detikFoto)
Jakarta -

Sepanjang tahun 2021, Indonesia banyak dikejutkan dengan kabar para selebriti. Mulai dari mereka yang terinfeksi COVID-19 hingga dirawat di rumah sakit akibat penyakit yang diidapnya.

Terkait hal ini, detikcom telah merangkum beberapa artis Tanah Air yang dikabarkan sakit hingga harus dilarikan ke rumah sakit akibat penyakit yang diidapnya di tahun 2021. Berikut penjelasannya.

1. Tukul Arwana alami pendarahan otak

Pada bulan September 2021 lalu, komedian Tukul Arwana mengalami pendarahan otak hingga harus dirawat dan menjalani operasi di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Cawang, Jakarta Timur. Sebelum dibawa ke rumah sakit, Tukul mengeluh pusing dan akhirnya lemas.

Kondisinya ini juga sempat dikaitkan dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin Corona. Dugaan ini muncul usai sebuah postingan di laman Instagram @tukul.arwanaofficial yang menunjukkan bahwa Tukul baru menjalani vaksinasi COVID-19 6 hari sebelumnya.

Menanggapi ini, Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Mursyid Bustami menegaskan pendarahan otak seperti yang dialami Tukul Arwana tidak ada kaitannya dengan vaksin COVID-19.

"Kami perlu menegaskan bahwa dari berita yang beredar, mungkin perlu diklarifikasi tidak ada hubungannya antara pendarahan otak atau stroke pendarahan dengan vaksin COVID-19," ungkap dia dalam konferensi pers Jumat (24/9/2021).

Pada kesempatan berbeda, Ketua Komnas KIPI, Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), juga mengatakan sangat tidak mungkin kasus Tukul Arwana ini berhubungan dengan KIPI vaksin.

"Apabila melihat kejadian 3 hari setelah vaksin dan ada riwayat hipertensi, kolesterol, kelebihan berat badan, dan faktor predisposisi lainnya, maka sangat mungkin tidak ada keterkaitan KIPI yang dialami beliau terkait vaksin," kata Prof Hindra saat dihubungi detikcom, Jumat (24/9/2021).

Menurut kabar terakhir, kondisi Tukul Arwana pasca operasi sudah semakin membaik. Namun, ia masih harus menjalani masa pemulihan dan sudah mulai bisa merespons.

2. Dorce Gamalama mengidap alzheimer

Dorce Gamalama juga sempat dilarikan ke rumah sakit pada bulan Oktober 2021 lalu. Menurut kerabat Dorce, Hetty Sunjaya, selebriti berusia 58 tahun tersebut mengidap Alzheimer.

"Demensia alzheimer, bunda itu diserang demensia alzheimer. Jadi sedikit kadang lupa. Kalau kita tanya jawabnya nggak sinkron," kata Hetty Sunjaya saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021).

Alzheimer merupakan jenis demensia yang mempengaruhi memori, pikiran, dan perilaku. Kondisi ini termasuk penyakit progresif, di mana gejala demensia secara bertahap memburuk selama beberapa tahun.

Sebelumnya, Dorce juga sempat pingsan dan dilarikan ke rumah sakit karena hipoglikemia. Itu merupakan kondisi medis yang terjadi saat kadar gula atau gula darah terlalu rendah. Akibatnya, seseorang berisiko mengalami lemas, pusing, hingga susah berkonsentrasi.

3. Ari Lasso sakit kanker limfoma langka

Beberapa waktu lalu, penyanyi Ari Lasso membuat pengakuan mengejutkan terkait kondisi kesehatannya. Ia mengaku mengidap kanker langka yaitu kanker limfoma stadium 2 yang sudah menyerang sebagian besar limpa-nya.

Usai kanker limfoma itu diangkat, Ari masih harus menjalani sejumlah pengobatan salah satunya kemoterapi. Meski begitu, Ari bersyukur sebab kanker limfoma yang diidapnya masih bisa disembuhkan, yaitu Diffuse large B-cell lymphoma (DLBCL).

Ari Lasso juga mengungkapkan dirinya memang memiliki keturunan survivor kanker dari sang ibu dan kedua kakaknya. Mereka mengidap kanker payudara dan berhasil survive.

Kabar terakhir, Ari Lasso telah menjalani pengobatan kemoterapi untuk mengobati kanker limfoma langka yang diidapnya. Ia pun terlihat memangkas habis rambutnya usai menjalani kemoterapi.

"Memberanikan diri posting. Sudah chemo ke-3, sudah separuh jalan, bisa menjalani tentu karena penyertaan TUHAN dan doa serta support kalian semua," tulis Ari Lasso dalam unggahannya di Instagram, dilihat detikcom, Selasa (16/11/2021).



Simak Video "Masih Muda Kena Stroke, Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)