ADVERTISEMENT

Selasa, 28 Des 2021 18:30 WIB

Jelang Final Piala AFF 2020, Satgas COVID-19 Ingatkan Soal Prokes Saat Nobar

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Sukses lolos ke semifinal Piala AFF 2020 membuat animo masyarakat makin kuat untuk menyaksikan pertandingan melawan Siangpura. Jelang final piala AFF 2020, Satgas COVID-19 ingatkan soal prokes saat nobar (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Leg pertama final Piala AFF 2020 akan digelar pada Rabu (29/12/2021), dan leg kedua akan berlangsung pada Sabtu (11/1/2020). Dengan prestasi membanggakan tersebut, pihak Satgas COVID-19 memperbolehkan pengadaan acara nobar atau nonton bareng di berbagai tempat asal hati-hati.

"Jadi diperbolehkan nonton bareng sepakbola tetapi sangat memperhatikan protokol kesehatan. Kami menganjurkan masyarakat nonton bareng bersama keluarga di rumah," terang Dr Sonny Harry B Harmadi, Kabid Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 dalam konferensi pers daring, Selasa (28/12/2021).

Meski memperbolehkan acara nobar di berbagai tempat, Sonny mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dengan lingkup sekitar.

"Pastikan mereka-mereka yang hadir merupakan orang-orang yang sehat. Misalkan dengan check-in PeduliLindungi, sudah di vaksinasi lengkap, dan sedang tidak positif COVID. Kemudian selama persetujuan tetap menggunakan masker, jaga jarak," imbau Sonny.

Lebih lanjut, Sonny mengatakan meski kasus COVID-19 mengalami penurunan, tetapi penularan masih ada terutama dengan kehadiran varian Omicron yang lebih menular.

"Positivity rate 0,1 persen. Kalau kita ketemu seribu orang, itu maknanya ada 1 orang yang berpotensi punya COVID-19. Jika 1 orang itu terinfeksi varian Omicron dan yang lain tidak punya masker, maka dia bisa menularkan lebih banyak orang," jelas Sonny.

Dengan itu, Sonny mengimbau agar masyarakat untuk menikmati final Piala AFF 2020 dengan nobar di rumah. Tetapi jika ingin menghadiri nobar di sebuah tempat, tetap taat pada protokol kesehatan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT