ADVERTISEMENT

Rabu, 29 Des 2021 14:42 WIB

Kabar Baik! Obat COVID-19 Paxlovid dari Pfizer Akan Masuk RI Januari 2022

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Close-up red and black Medicine Capsules in Blister Packs Obat Paxlovid buatan Pfizer masuk RI Januari 2022 (Ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan obat COVID-19 besutan Pfizer, Paxlovid, akan didatangkan ke Indonesia pada Januari 2022. Ini dilakukan menyusul pemberian izin penggunaannya dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sebagai obat antivirus COVID-19.

"Obat-obatan baru kita siapkan. Dua yang sudah di approve FDA, Molnupiravir dari Merck dan Paxlovid dari Pfizer. Insya Allah di bulan Januari sudah bisa kita datangkan," kata Menkes Budi dalam konferensi pers, Rabu (29/12/2021).

Namun, Menkes Budi tidak menyebutkan lebih detailnya tanggal kedatangan dan jumlah obatnya.

Paxlovid merupakan obat yang diklaim efektif mencegah kematian hingga 90 persen dan mencegah rawat inap hingga 70 persen akibat COVID-19. Pihak Pfizer menyebut obat tersebut juga telah diuji coba dengan diberikan pada orang-orang yang berisiko tinggi dan telah divaksinasi.

Hasil dari uji klinis tersebut menunjukkan bahwa orang yang terlibat dalam penelitian tidak ada yang meninggal dunia.

Dari segi efektivitas, berdasarkan klaim hasil uji klinis, Paxlovid lebih unggul ketimbang Molnupiravir. Efektivitas Paxlovid mencapai 90 persen sedangkan Molnupiravir 30 persen.

Sebelumnya, diketahui juga bahwa Indonesia sudah mengincar pil COVID-19 tersebut. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya tengah masuk tahap penjajakan dengan Pfizer untuk membeli obat tersebut.

"Kami sudah penjajakan dengan produsennya (Pfizer), baru sampai pada tahap tersebut," kata dr Nadia yang dikutip dari CNN Indonesia.



Simak Video "BPOM Beri Izin Paxlovid Jadi Obat Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT