Rabu, 29 Des 2021 18:32 WIB

Kemenkes Larang Nobar Final Piala AFF 2020: Waspada Transmisi Lokal Omicron!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Indonesia ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda melaju usai mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 di semifinal leg kedua. Imbauan Kemenkes tidak nobar piala AFF. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat tak nonton bareng final Piala AFF 2020. Terlebih, di tengah kasus Omicron yang kini jumlahnya terus bertambah, total sudah mencapai 68 kasus.

"Kami mendengar sudah banyak kelompok masyarakat yang akan menyaksikan laga final Piala AFF ini secara bersamaan atau menggelar nobar di berbagai lokasi," beber dr Nadia dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom Rabu (29/12/2021).

"Untuk itu, kami mengimbau masyarakat untuk tidak menonton bareng atau nobar final Piala AFF Indonesia vs Thailand malam ini, Rabu (29/12/2021) Pukul 19.30 sampai selesai," sambung dr Nadia.

Ia melanjutkan, masyarakat lebih baik menonton dari rumah atau kediaman masing-masing. Menurutnya, kerumunan nobar piala AFF 2020 bukan tak mungkin memicu klaster baru COVID-19.

Meski tren kasus kini cukup terkendali, dr Nadia menyebut potensi penyebaran Corona masih ada, di tengah Indonesia sedang dilanda varian baru Omicron. Variant of Concern (VoC) terbaru yang diyakini penyebarannya sangat cepat, lebih dari Delta.

"Terlebih saat ini, varian Omicron sudah masuk ke Indonesia dan sudah ditemukan kasus transmisi lokal. Artinya, kita harus meningkatkan kewaspadaan dan kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

"Kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan harus kita hindari. Mari kita ambil bagian untuk bersama-sama mencegah terjadinya penularan covid-19. Situasi yang semakin membaik ini harus sama-sama kita jaga. Tetap batasi mobilitas," pesan dr Nadia.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)