Rabu, 29 Des 2021 22:49 WIB

Minum Minyak Kayu Putih, Bahaya Nggak Sih? Begini Penjelasan Ahli

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Minyak Kayu Putih Minyak kayu putih (Foto: Getty Images/iStockphoto/ronstik)
Jakarta -

Minum minyak kayu putih oleh sebagian orang dipercaya dapat meredakan sakit tertentu. Misalnya, mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat disebut dapat meredakan kondisi mulai dari perut kembung, sakit perut, hingga pilek atau hidung tersumbat.

Minyak kayu putih merupakan hasil dari penyulingan daun dan ranting pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Dalam minyak kayu putih terkandung bahan kimia seperti cineole, linalool, dan terpineol, yang memberikan sensasi hangat ketika dioleskan pada kulit. Minyak kayu putih biasanya digunakan sebagai obat luar untuk meredakan nyeri, ruam, atau gatal-gatal pada kulit.

Lalu, apakah minyak kayu putih aman untuk diminum?

Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan minyak kayu putih sebagai obat oral atau diminum langsung, meski mungkin tak berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania, pernah menjelaskan bahwa minyak kayu putih yang dijual secara umum tidak dianjurkan dikonsumsi. Ini karena minyak tersebut biasanya sudah dicampur oleh bahan lain.

"Tidak dianjurkan untuk diminum. Karena minyak kayu putih yang beredar umumnya bukan lagi yang murni 100 persen. Minyak kayu putih yang ada di pasaran sudah dicampur dengan kerosin, minyak lemak, dan minyak palsu," kata Inggrid dalam webinar Farmasi UI beberapa waktu lalu.

Efek samping minum minyak kayu putih

Mengonsumsi minyak kayu putih yang sudah dicampur dengan bahan lain berisiko menyebabkan keracunan. Selain itu, ada juga risiko efek samping hipoglikemia.

"Ada efek samping hipoglikemia yaitu gula darah menurun drastis apalagi pada penderita diabetes yang meminum obat antidiabetes," ungkap Inggrid.

Tanda-tanda keracunan akibat efek minum minyak kayu putih, yaitu:

  • Mulut dan tenggorokan seperti terbakar
  • Sakit perut hingga terasa panas
  • Muntah
  • Pusing
  • Kehilangan kendali fungsi tubuh
  • Disorientasi atau jadi bingung
  • Kejang-kejang hingga pingsan

Jika ingin minum minyak kayu putih, Inggrid menyarankan untuk membuatnya sendiri dengan merebus daun kayu putih segar. Air rebusan tersebut kemudian bisa diminum untuk meringankan gejala batuk dan pilek atau untuk menghangatkan tubuh.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)