Kamis, 30 Des 2021 04:25 WIB

Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes, Tak Boleh Asal Dipencet

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Ambeien Cara mengobati bisul (Foto: iStock)
Jakarta -

Cara mengobati bisul memang gampang-gampang susah. Bisul merupakan salah satu penyakit yang masih terbilang ringan, akan tetapi nyatanya susah sekali dibikin kempes.

Meski demikian, jangan coba-coba untuk memencet atau memecahkan bisul secara asal apalagi memaksakannya. Hal ini dikarenakan bisa membuat infeksi jadi lebih parah.

Bisul bisa terjadi di mana saja, umumnya sering muncul di ketiak, bahu, wajah, bahkan bokong. Bisul di wajah akan membuat penampilan kurang maksimal dan bisa menurunkan rasa percaya diri, belum lagi bisul di bokong yang bikin nyeri dan terkadang sampai kesulitan untuk duduk.

Lalu, bagaimana cara mengobati bisul yang tepat?

Dikutip dari WebMD, berikut panduan dalam penanganan bisul tanpa perlu dipecahkan.

1. Tunggu hingga pecah sendiri

Bisul biasanya bisa sembuh sendiri tanpa perlu penanganan medis dokter. Bisul juga tidak perlu dipencet atau dipecahkah sendiri dengan menusuknya pakai peniti atau jarum, sebab yang terjadi malah akan membuat infeksi bisul semakin parah dan menyebabkan luka.

2. Kompres air hangat

Salah satu cara mengobati bisul yang tepat yaitu mengompresnya dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pecahnya bisul. Mengompres bisul dengan air hangat bisa mengurangi nyeri sekaligus mengumpulkan nanah di puncak bisul.

Siapkan air hangat suam-suam kuku dan handuk bersih. Celupkan handuk ke dalam air hangat dan peras hingga kering, kemudian letakkan di area yang bisul selama 10 menit beberapa kali sehari sampai bisul pecah.

3. Bersihkan dengan alkohol

Jika bisul sudah pecah, bersihkan nanah dan cairan yang keluar dengan kain kasa yang ditambah alkohol. Jangan lupa untuk menutup bekas luka bisul yang pecah untuk menghindari infeksi lanjutan.

Caranya, siapkan selembar kain kasa lalu tuang alkohol hingga agak basah. Kemudian, bersihkan secara perlahan nanah atau cairan yang ke luar dari bisul hingga bersih. Jika sudah, tutup dengan kain kasa dan beri plester supaya rekat.

4. Jangan menyentuh bisul dengan tangan

Perlu diingat, apabila memiliki bisul jangan sekali-kali menyentuhnya dengan tangan, baik yang sudah pecah ataupun belum. Terlebih jika menyentuh bisul dengan tangan yang belum dicuci bersih dengan sabun. Hal ini untuk menghindari bisul bertambah besar karena adanya infeksi dan kotoran dari tangan.

5. Pergi ke dokter jika bisul semakin parah

Jika bisul terasa nyeri, disarankan untuk minum obat pereda sakit (analgesik) seperti parasetamol. Namun, jika bisul sudah bertambah besar dan semakin parah bahkan mulai mengganggu keseharian, maka segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Itulah 5 cara mengobati bisul secara tepat. Meski bukan tergolong penyakit yang serius, mengatasi bisul juga tidak boleh sembarangan.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)