Jumat, 31 Des 2021 07:05 WIB

Dear Pejuang Dua Garis Biru, Ini Lho Tanda-tanda Hamil Muda

Sponsored - detikHealth
Cropped shot of a young woman taking a pregnancy test Foto: Getty Images/katleho Seisa
Jakarta -

Beberapa wanita mungkin masih belum mengenali tanda-tanda awal kehamilan muda. Padahal kendati perubahan pada perut belum terlihat, ada beberapa tanda awal kehamilan yang biasanya dirasakan di minggu-minggu pertama kehamilan.

Mulai dari terlambat datang bulan hingga mual dan muntah, gejala-gejala tersebut kerap menjadi tanda-tanda kehamilan. Kendati dikenal sebagai tanda-tanda kehamilan, sebagian wanita, terutama ibu muda mungkin masih tidak menyadari kalau gejala yang mereka alami merupakan pertanda kehadiran si buah hati.

Selain itu, masih ada sejumlah gejala lain yang menjadi tanda awal kehamilan muda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut gejala-gejala yang menunjukkan awal kehamilan muda.

1. Perut Kembung

Perut kembung merupakan gejala awal kehamilan yang umum terjadi. Perut kembung biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron, sehingga membuat sistem pencernaan melambat.

Hal ini membuat makanan dan gas yang ada di perut bertahan lebih lama dan mengakibatkan perut menjadi kembung.

2. Haid yang Terlambat

Terlambat haid atau datang bulan 1 hingga 2 minggu dari tanggal yang seharusnya bisa menjadi tanda positif hamil, apalagi bila disertai gejala hamil muda lainnya.

3. Perubahan Mood

Perubahan mood atau mood swing adalah gejala umum lain yang terjadi di awal kehamilan muda. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam darah yang menjadikan suasana hati ibu mudah berubah-ubah.

4. Demam Ringan

Kondisi tubuh yang menjadi lebih hangat juga bisa menjadi gejala awal kehamilan. Kehamilan melemahkan sistem imun tubuh, sehingga membuat ibu hamil rentan terhadap infeksi seperti pilek dan flu. Penurunan sistem imun ini juga untuk memastikan tubuh si ibu tidak menolak perkembangan janin.

Pilek dan flu tadi juga merupakan hasil perubahan pada sistem pernafasan si ibu dan demam adalah salah satu gejala umum dari kondisi ini. Namun, demam baru bisa dibilang sebagai gejala awal kehamilan apabila disertai gejala lain seperti mual, payudara mengencang, dan lain-lain.

5. Merasa Cepat Lelah

Sama seperti perut kembung dan mood swing, badan yang cepat lelah saat awal kehamilan juga disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron. Hormon ini juga membuat ibu hamil mudah merasa mengantuk, sehingga membuatnya cepat lelah dan ingin beristirahat.

6. Sering Buang Air Kecil

Pada masa awal kehamilan, banyak wanita yang sering merasa ingin buang air kecil, terutama saat malam hari. Hal ini disebabkan oleh hormon dan peningkatan kadar air di dalam tubuh.

Sering buang air kecil pada tahap kehamilan selanjutnya juga disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kandung kemih.

7. Mual dan Muntah di Pagi Hari

Mual dan muntah adalah ciri-ciri hamil muda paling umum dan sering terjadi pada ibu hamil. Ini biasanya berpengaruh pada kepekaan indra penciuman terhadap makanan, bau-bauan ataupun minuman tertentu.

Biasanya ciri ini akan dirasakan pada minggu keempat atau keenam kehamilan yang menyebabkan calon ibu mengalami morning sickness.

Itulah beberapa tanda-tanda yang biasanya dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Selain itu, untuk mempersiapkan kelahiran si buah hati, seorang ibu seharusnya sudah mempersiapkan segalanya sejak hamil muda. Tak terkecuali untuk urusan pemenuhan nutrisi ibu dan bayi dalam kandungan.

Ibu bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti Bundavin. Bundavin adalah suplemen multivitamin dan mineral yang diproduksi oleh PT Samco Farma untuk ibu hamil dan menyusui.

Bundavin diberikan sebagai tambahan nutrisi untuk menjaga ibu hamil tidak sampai kekurangan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan janin yang dikandungnya. Bundavin juga bertindak sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium.

Suplemen dapat melengkapi asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Terutama, untuk ibu hamil trimester pertama yang kerap tidak terpenuhi asupan nutrisinya akibat sering mual dan muntah.

BundavinBundavin Foto: Samco Farma

Sekarang, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Bundavin juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative di nomor 087880779521.

Bagi yang berada di luar Jabodetabek, Bundavin bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Itu tadi beberapa gejala-gejala umum yang sering muncul di awal kehamilan muda. Bila Anda merasakan gejala tersebut, ada baiknya untuk melakukan tes kehamilan sederhana di rumah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan agar hasil yang diperoleh lebih akurat sehingga bisa lebih mempersiapkan diri dan berhati-hati dalam menyambut kedatangan si buah hati.

(Content Promotion/Samco Farma)