Jumat, 31 Des 2021 05:00 WIB

6 Cara Mengatasi Hidung Meler Ala Rumahan, Ternyata Gampang Banget!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Young woman got nose allergy, flu sneezing nose Cara mengatasi hidung meler (Foto: iStock)
Jakarta -

Hidung ingusan atau meler memang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Bernapas pun menjadi susah karena banyak ingus atau lendir yang keluar dari hidung. Lantas bagaimana cara mengatasi hidung meler?

Pada umumnya, ingus atau lendir ini sudah ada di saluran pernapasan manusia. Cairan ini dihasilkan dari kelenjar mukosa yang melapisi hidung, tenggorokan, serta paru-paru.

Akan tetapi, terkadang produksi ingus atau lendir ini terjadi secara berlebihan, terutama ketika seseorang terkena flu ataupun penyakit lainnya.

Cara Mengatasi Hidung Meler

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (30/12/2021) berikut cara menghentikan hidung meler ala rumahan yang gampang dicari tanpa perlu repot:

1. Makan Makanan Pedas

Cara mengatasi hidung meler yang pertama adalah mengonsumsi makanan pedas. Mengapa? Karena makanan pedas terbukti efektif menipiskan lendir untuk membersihkan saluran hidung yang tersumbat dengan cepat. Bahkan, makanan ini mampu melebarkan pori-pori di tubuh dan meringankan masalah sinus.

Akan tetapi, jika tidak kuat untuk mengonsumsi makanan pedas, cobalah mencicipi sedikit bumbu pedas untuk melihat apakah cara ini membantu atau tidak.

2. Masukkan Tisu ke Hidung

Ketika seseorang mengalami hidung meler, pasti yang ada di benak pikirannya adalah berusaha untuk membuang semua lendir tersebut. Sayangnya, hal tersebut justru dapat memperburuk kondisi hidung hingga menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada saluran hidung.

Cobalah memasukkan tisu ke dalam hidung satu persatu untuk menyerap lendir-lendir yang membandel di saluran hidung.

3. Minum Air Putih

Cara mengatasi hidung meler berikutnya adalah mengonsumsi cairan atau air putih. Hal ini karena air putih dapat mengencerkan lendir dan mengurangi tekanan pada sinus, sehingga iritasi dan peradangan pun berkurang.

Selain itu, air putih juga bisa membuat lendir lebih mudah dikeluarkan dari hidung. Perlu diingat nih, jika ingin mengeluarkan ingus sebaiknya dengan cara yang lembut untuk mengurangi resiko peradangan pada hidung.

4. Minum Teh Hangat

Selain air putih, secangkir teh herbal hangat juga diklaim sebagai cara mengatasi hidung meler. Berdasarkan penelitian dari jurnal Rhinology, peserta yang meminum minuman panas saat terkena pilek atau flu, segera tertolong dari gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedingan, dan kelelahan.

Hal ini disebabkan karena uap panas dari teh hangat tersebut masuk ke dalam saluran hidung yang membuat lendir dapat keluar dengan cepat.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara mengatasi hidung meler. Panas dari uap air tersebut dapat mengendurkan lendir yang menyebabkan hidung tersumbat.

6. Banyak Istirahat

Apabila hidung meler yang dirasakan semakin parah, lebih baik hindari seluruh aktivitas yang membuat badan lelah dan perbanyak istirahat. Cara mengatasi hidung meler ini berguna memberikan tenaga ekstra dan beberapa zat yang mempengaruhi daya tahan tubuh.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)