Jumat, 31 Des 2021 09:29 WIB

Robby Purba Jalani Operasi Tumor Payudara, Begini Kondisinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Robby Purba buka usaha Robby Purba kena tumor payudara. (Foto: Asep (detikHOT)
Jakarta -

Presenter Robby Purba mengidap tumor payudara. Saat ini ia sedang menjalani proses pemulihan pasca operasi di salah satu rumah sakit Jakarta.

Presenter 35 tahun ini mengabarkan kondisinya itu di Instagram pribadinya. Ia juga membagikan fotonya yang terbaring di kasur rumah sakit dan potret dirinya sesaat sebelum di operasi.

"Pria dengan tumor payudara. Bisakah? Alhamdulillah ternyata bisa. Lagian apa sih yang Allah nggak bisa. Nah Abang yang beruntung nih, kasus yang jarang terjadi kepada pria," tulis Robby Purba.

[Gambas:Instagram]

Ada beberapa gejala yang dialami Robby Purba dan dia sadari sejak 9 bulan lalu. Ia mengatakan kerap merasa sakit di bagian dada tiap melakukan aktivitas seperti naik-turun tangga atau olahraga.

Beruntung ia segera memeriksakan kondisinya itu ke dokter dan diketahui bahwa ada tumor yang bersarang di payudaranya. Tumornya pun kini sudah diangkat dan ia berharap tidak menyebar ke daerah lain.

"Sudah diangkat tumornya di dada abang semoga nggak berkembang ke mana-mana," ujarnya.

Meski lebih sering menyerang wanita, pria juga bisa terkena tumor payudara. Pada pria, benjolan di daerah payudara disebut ginekomastia.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, benjolan di payudara merupakan salah satu gejala kanker payudara. Namun, seringkali, benjolan payudara tidak bersifat kanker.

Kondisi ini dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon atau efek samping pengobatan, meskipun pemeriksaan tambahan diperlukan untuk mengetahui penyebabnya.

Simak juga 'Saat Ayu Ting Ting Batal Menikah, Robby Purba Beri Semangat':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/naf)