Jumat, 31 Des 2021 11:45 WIB

Robby Purba Idap Tumor Payudara, Apa yang Bisa Jadi Pemicu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Robby Purba buka usaha Robby Purba tumor payudara. (Foto: Asep (detikHOT))
Jakarta -

Presenter Robby Purba mengidap tumor payudara. Saat ini ia sedang menjalani pemulihan pasca operasi di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Kasus tumor payudara sebenarnya cukup jarang dialami oleh pria namun bukan berarti tak mungkin terjadi. Robby Purba juga mengingatkan pada pria lain agar segera mengecek kondisinya jika sesuatu yang tidak biasa terjadi pada tubuh.

"Kelangkaan kasus tumor payudara itu yang membuat kasus cancer pada pria itu terjadi lebih cepat," katanya melalui Instagram Stories pribadinya, dilihat detikcom, Jumat (31/12/2021).

Benjolan pada payudara terjadi karena berbagai alasan. Seringkali, benjolan payudara tidak berarti kanker payudara. Banyak hal lain yang dapat menyebabkan benjolan payudara.

Apa pemicunya?

Dikutip dari Cleveland Clinic, ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan androgen biasanya menyebabkan tumor pada payudara atau ginekomastia. Tubuh pria biasanya menghasilkan sejumlah kecil estrogen, hormon yang mengontrol pertumbuhan payudara.

Jika tubuh memproduksi terlalu banyak estrogen, atau memiliki testosteron rendah (hipogonadisme), payudara bisa membesar. Kondisi ini juga bisa menyebabkan nyeri pada payudara.

Banyak hal yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan pertumbuhan payudara pria, dan seringkali penyebab pastinya tidak diketahui. Selain perubahan tubuh seperti pubertas dan penuaan, beberapa hal yang dapat menyebabkan ginekomastia adalah:

  • Cedera
  • Masalah tiroid
  • Obesitas
  • Beberapa obat-obatan
  • Gagal ginjal
  • Penyakit hati

Benjolan di payudara memiliki banyak penyebab meski sebagian besar tak melulu karena kanker. Jika Anda merasakan benjolan payudara atau perubahan lain pada payudara Anda, bicarakan segera dengan dokter.



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)