ADVERTISEMENT

Jumat, 31 Des 2021 12:45 WIB

Ada Pasien Omicron Indonesia Sudah Vaksin Booster, Kemenkes Ungkap Kondisinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Kemenkes ungkap kondisi pasien Omicron yang sudah dapat vaksin booster. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa salah satu dari 68 kasus varian Omicron di Indonesia sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan yang mendapatkan vaksin booster tersebut adalah tenaga kesehatan. Itu merupakan salah satu kasus lokal varian Omicron.

"Iya, ada yang sudah dapat booster, yang nakes Wisma Atlet itu kan sudah," kata Dr Nadia yang dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (31/12/2021).

Dari 68 kasus Omicron yang sementara ini sudah terdeteksi, 51 orang di antaranya sudah mendapat vaksinasi lengkap. Sebanyak 6 orang dapat vaksin satu dosis, 7 orang belum divaksin sama sekali, dan 4 orang masih dalam konfirmasi.

Terkait kondisinya, dr Nadia mengatakan bahwa pasien Omicron yang sudah mendapat vaksin booster itu dalam kondisi yang baik.

"Sehat tidak bergejala," ujar Nadia pada detikcom, Jumat (31/12/2021).

dr Nadia mengatakan umumnya pasien Omicron yang ada di Indonesia tidak mengalami gejala berat. Hal itu menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 yang ada saat ini masih efektif untuk menangkal virus Corona beserta varian-variannya.

"Artinya kita bisa sampaikan bahwa vaksin yang diberikan memberikan efek perlindungan pada gejala sakit berat dan kematian," jelasnya.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT