Jumat, 31 Des 2021 19:01 WIB

Buah Zakar Nyeri? Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya

Maulida Balqis - detikHealth
tren celupkan testis ke dalam kecap asin dan jus jeruk Buah zakar nyeri (Foto: Istock)
Jakarta -

Beberapa pria mungkin pernah mengalami nyeri pada buah zakar atau testis. Nyeri pada buah zakar sebaiknya tidak boleh disepelekan, sebab buah zakar merupakan tempat produksi sperma yang berperan penting untuk pembuahan. Bila buah zakar nyeri, segera kenali penyebabnya dan lakukanlah pengobatan.

Nyeri pada buah zakar umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari cedera ringan, peradangan, penyakit menular seksual, hingga kondisi serius lainnya. Kondisi buah zakar nyeri ini bisa bersifat akut (mendadak dan singkat) maupun kronis (bertahap dan berlangsung lama). Biasanya, nyeri pada buah zakar dapat dirasakan hingga ke selangkangan atau bahkan perut. Rasa nyeri ini juga bisa menjadi parah karena banyaknya saraf sensitif yang ada pada buah zakar.

Penyebab Buah Zakar Nyeri

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan buah zakar nyeri. Dikutip dari Very Well Health, berikut ini beberapa penyebab buah zakar nyeri:

1. Cedera Pada Testis

Penyebab buah zakar nyeri yang pertama yaitu cedera pada testis. Cedera pada testis akibat pukulan langsung ke buah zakar atau karena cedera pada posisi mengangkang umumnya dapat terjadi setelah pria mengalami insiden, seperti kecelakaan sepeda motor. Meski demikian, cedera pada testis tidak akan menyebabkan kerusakan yang permanen.

2. Epididimitis

Penyebab buah zakar nyeri yang kedua yaitu Epididimitis. Epididimitis adalah peradangan pada saluran di bagian belakang testis. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan testis hingga demam. Umumnya, epididimitis berasal dari infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual. Kondisi ini juga dapat terjadi akibat dari cedera atau pun kondisi autoimun.

3. Hernia

Buah zakar nyeri juga bisa terjadi ketika usus masuk ke dalam skrotum atau yang biasa dikenal sebagai Hernia Inguinalis. Hernia Inguinalis merupakan tonjolan pada selangkangan ketika seseorang batuk atau mengangkat sesuatu yang berat. Kondisi ini umumnya disebabkan karena lemahnya area otot bagian perut dan selangkangan.

4. Torsio testis

Torsio testis juga bisa menjadi penyebab buah zakar nyeri. Kondisi ini terjadi ketika tali yang membawa darah ke testis terpelintir sehingga testis menjadi bengkok di sekitar suplai darah dan menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan serangan jantung. Penyebab buah zakar nyeri ini lebih sering terjadi pada bayi dan anak laki-laki, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada pria dewasa.

5. Hidrokel

Penyebab buah zakar nyeri selanjutnya yaitu Hidrokel. Hidrokel merupakan kondisi penumpukan cairan di sekitar testis. Hidrokel umumnya cukup sering terjadi dan terkadang dapat menyebabkan rasa sakit hingga infeksi.

6. Spermatokel

Penyebab buah zakar nyeri berikutnya yakni Spermatokel. Spermatokel merupakan ruang berisi cairan yang dapat terbentuk di dalam epididimis di dekat testis. Kondisi yang berupa kista ini tidak bersifat kanker dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun terkadang, ukuran kista ini dapat tumbuh membesar dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

7. Orkitis

Merupakan peradangan pada satu atau kedua buah zakar yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyebab buah zakar nyeri yang satu ini menyebabkan pria merasakan sakit pada testis dan selangkangan. Kondisi ini umumnya bisa menimbulkan sensasi terbakar.

Mengobati Buah Zakar Nyeri

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati buah zakar nyeri. Berikut beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengobati nyeri pada buah zakar.

1. Kompres es

Mengobati buah zakar nyeri bisa dilakukan dengan mengompres testis dengan es. Dengan mengompresnya menggunakan es, rasa sakit pada buah zakar dapat berangsur-angsur berkurang. Cara melakukannya yaitu dengan mengambil es lalu letakkan di skrotum selama 30 menit. Ulangi setiap dua jam sekali. Sebagai catatan, tempelkan es hanya setelah membungkusnya dengan handuk atau kain. Jangan menempelkannya langsung ke kulit karena dapat menyebabkan kulit meradang.

2. Mandi air hangat

Cara mengobati buah zakar nyeri berikutnya yaitu dengan mandi air hangat. Mandi air hangat nyatanya dapat meringankan rasa sakit dan dapat mempercepat aliran darah ke testis.

3. Angkat

Berbaring di tempat tidur dan mengangkat skrotum juga bisa dilakukan untuk meredakan buah zakar nyeri. Gulung sapu tangan dan letakkan di bawah skrotum. Dengan melakukan ini, rasa sakit pada testis akan berkurang.

4. Memakai celana dalam pendukung atletik

Cara mengobati buah zakar nyeri yang terakhir yaitu dengan menggunakan celana dalam pendukung atletik. Penggunaan celana ini dilakukan untuk menghindari cedera lebih lanjut pada buah zakar. Menggunakan celana ini juga akan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman akibat nyeri.



Simak Video "Akan Ada Pelonggaran Lain Usai Lepas Masker, Asalkan..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)