Jumat, 31 Des 2021 20:30 WIB

Fakta-fakta Tumor Payudara pada Pria, Sempat Diidap Presenter Robby Purba

Hartaty Varadifa - detikHealth
Gaya Keren Robby Purba Saat Ngopi hingga Cicip Gelato Robby Purba (Foto: Instagram robbypurba)
Jakarta -

Presenter Robby Purba dikabarkan mengidap tumor payudara yang saat ini sedang menjalani proses pemulihan setelah menjalani operasi di salah satu rumah sakit Jakarta.

Hal ini disampaikan melalui Instagram pribadinya.

Presenter 35 tahun itu mengalami beberapa gejala yang dia sadari sejak 9 bulan lalu. Ia mengungkapkan kerap merasa sakit di bagian dada ketika melakukan beberapa aktivitas seperti naik-turun tangga atau olahraga.

"Sudah diangkat tumornya di dada abang semoga nggak berkembang ke mana-mana," ujarnya.

Kanker payudara pada lelaki memang masih jarang terjadi karena memang cenderung dialami oleh wanita. Simak fakta-fakta tentang kanker payudara pada pria yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pria dan wanita memiliki struktur payudara yang sama

Meski lebih sering menyerang wanita, pria juga bisa terkena tumor payudara. Tetapi pada pria, benjolan di daerah payudara disebut ginekomastia.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, benjolan di payudara merupakan salah satu gejala kanker payudara. Namun, seringkali, benjolan payudara tidak bersifat kanker.

Kondisi ini dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon atau efek samping pengobatan, meskipun perlukan pemeriksaan tambahan untuk mengetahui penyebabnya.

Kita terbiasa mendengar tentang kanker payudara pada wanita. Tetapi pria juga dapat mengalami kanker payudara, karena pada dasarnya pria dan wanita memiliki struktur dasar yang sama di payudara.

Sebelum pubertas, baik pria maupun wanita memiliki sedikit jaringan payudara, termasuk saluran susu di bawah puting.

Ketika wanita melewati masa pubertas, jaringan ini akan berkembang, tetapi pria dewasa masih memiliki jumlah yang sama sebelum pubertas. Sedangkan pada pria, struktur ini biasanya tidak berfungsi.

Kanker payudara paling sering dimulai di saluran ini. Kanker berkembang ketika sel-sel saluran mulai tumbuh tak terkendali, menyerang jaringan di sekitarnya atau menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Kanker mulai tumbuh di kulit atau jaringan yang mengelilingi organ termasuk di sel saluran di payudara yang disebut karsinoma. Karsinoma sejauh ini merupakan bentuk paling umum dari kanker payudara pria.

2. Gen bisa jadi faktor risiko

Berikut beberapa faktor risiko terjadinya kanker payudara pada pria:

  • Penuaan
  • Riwayat keluarga kanker payudara
  • Mutasi gen yang diwariskan (termasuk BRCA1 dan BRCA2)
  • Paparan radiasi di dada
  • Minum berat
  • Penyakit hati
  • Perawatan estrogen
  • Kegemukan
  • Kondisi testis tertentu

Pria dengan mutasi gen yang diturunkan mungkin memiliki peluang lebih tinggi terjadinya kanker payudara. Untuk pria dengan mutasi BRCA2, maka risiko terkena kanker payudara sekitar 8 kali lebih besar daripada pria tanpa mutasi.

Selain itu, pria dengan mutasi gen yang diturunkan memiliki peluang 50 persen untuk mewariskan mutasi itu kepada anak-anak.

Hal ini juga dapat meningkatkan kemungkinan bahwa anak perempuan akan terkena kanker payudara. Maka dari itu disarankan agar pria dengan kanker payudara untuk melakukan tes genetik untuk melihat apakah memiliki mutasi yang dapat mempengaruhi peluang anak terkena kanker payudara.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bagaimana Cara Deteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin?"
[Gambas:Video 20detik]