Sabtu, 01 Jan 2022 07:46 WIB

Welcome 2022, Simak Lagi Prediksi WHO soal Berakhirnya Pandemi Tahun Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Geneva, Switzerland - December 03, 2019: World Health Organization (WHO / OMS) Logo at WHO Headquarters Foto: Getty Images/diegograndi
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi pandemi COVID-19 bisa selesai di tahun 2022. Hal ini disebut bisa dicapai asalkan cakupan vaksinasi COVID-19 global bisa sesuai target.

WHO menargetkan sekitar 70 persen populasi dunia seharusnya sudah mendapat vaksin pada pertengahan tahun 2022. Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menjelaskan semua negara harus bekerja sama supaya tidak ada yang cakupan vaksinasinya tertinggal.

"Inilah saatnya untuk mengatasi nasionalisme jangka pendek. Lindungi populasi dan ekonomi dari varian masa depan dengan mengakhiri ketidakadilan suplai vaksin global," ungkap Tedros beberapa waktu lalu seperti dikutip dari situs resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Sabtu (1/1/2022).

"Kita memiliki 185 hari untuk mencapai target 70 persen di awal Juli 2022. Dimulai dari sekarang," lanjutnya.

Saat ini COVID-19 varian Delta dan Omicron masih menjadi ancaman utama yang meningkatkan kasus orang sakit dan kematian. Ada kekhawatiran Omicron yang bersirkulasi bersamaan dengan Delta bisa menjadi pemicu kembali 'tsunami' kasus COVID-19.

Dengan sebagian besar populasi mendapat perlindungan dari vaksin, seharusnya angka orang yang jatuh sakit dan kematian dapat ditekan.

Simak Video 'Dirjen WHO: 2022 Harus Jadi Tahun Kita Akhiri Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/fds)