ADVERTISEMENT

Sabtu, 01 Jan 2022 11:45 WIB

Susah Kentut? Lakukan 3 Tips Ini Biar Perut Cepat Lega

Maulida Balqis - detikHealth
Ilustrasi Perut Kembung Kamu susah kentut? Coba cara berikut. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Buang angin bisa sangat melegakan bila sedang susah kentut. Meskipun terkadang baunya bisa cukup 'mematikan', namun nyatanya sangat ampuh bikin 'plong' perut yang kembung.

Pada faktanya, kentut memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Dikutip dari Healthline, kentut bisa meningkatkan kesehatan usus besar, mengurangi kembung dan sakit perut, serta memberitahu bahwa diet yang sedang kita lakukan seimbang.

Namun, bagaimana bila kita tidak bisa kentut? Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi susah kentut.

Mengatasi Susah Kentut

1. Memijat perut

Tips pertama untuk mengatasi susah kentut yaitu dengan memijat-mijat perut dengan pola yang searah jarum jam. Gerakan memijat ini bisa membantu mengurangi gas yang terjebak di dalam perut serta mengurangi kram dan kembung. Sebab otot abdomen yang terlalu 'ketat' bisa menjadi salah satu penyebab kentut tidak bisa keluar.

2. Lakukan gerakan yoga

Tips kedua untuk yang mengalami susah kentut yaitu melakukan yoga. Mengutip Healthline, gerakan-gerakan yoga nyatanya mampu membantu kentut cepat keluar bila dilakukan dengan rileks. Teknik pernapasan yang baik juga dapat memberi pengaruh baik untuk perut. Cobalah berbaring dengan posisi telentang lalu tekuk kaki, kemudian tarik kaki dengan kedua tangan seperti gerakan mencium lutut (Pawanmuktasana). Tahan posisi ini selama 20 detik sampai 1 menit untuk mengatasi susah kentut.

Gerakan lain yang bisa dicoba yaitu berlutut dengan posisi merangkak, lalu tekuk tubuh hingga dahi menyentuh tanah. Letakkan tangan lurus di samping kaki dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas (Balasana). Lakukan posisi ini selama 5 menit. Untuk menambah tekanan pada otot abdomen, kepalkan tangan dan letakkan di atas perut sebelum membungkuk.

3. Makanan yang bikin cepat keluarkan gas

Tips terakhir untuk mengatasi susah kentut yaitu cobalah makan makanan yang cepat mengeluarkan gas, seperti minuman bersoda, pemanis buatan (sorbitol atau xylitol), dan permen karet. Mengonsumsi makanan-makanan ini dapat membantu mempercepat proses buang gas. Bila masih susah kentut, coba konsumsi kacang-kacangan, produk susu, makanan berlemak, buah berserat tinggi, dan daging.



Simak Video "Kemenkes Wanti-wanti Risiko Konsumsi Gula Berlebih"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT