Kamis, 26 Nov 2020 05:00 WIB

7 Makanan Penyebab Perut Kembung, Hindari Kalau Tak Ingin Terkentut-kentut

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi 7 Makanan penyebab perut kembung (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Perut kembung ditandai dengan rasa mual dan tidak nyaman di area perut. Situasi ini disebabkan oleh produksi gas yang berlebihan pada saluran pencernaan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan perut kembung, salah satunya dari makanan yang dikonsumsi.

Saat perut kembung kita akan lebih sering buang angin dan sendawa berlebihan. Makanan yang dikonsumsi dapat menjadi penyebab perut kembung. Kandungan gas yang terdapat dalam makanan tersebut yang membuat perut kembung.

Perut kembung juga merupakan gejala awal masalah kesehatan. Jika perut kembung terjadi secara terus-menerus, segera konsultasikan dengan dokter.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa makanan yang dapat memicu perut kembung dan makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah perut kembung.

1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi adalah penyebab kembung yang sangat umum. Minuman ini mengandung karbondioksida yang merupakan sebuah gas dalam jumlah tinggi.

Saat meminum salah satu minuman ini, kamu akan menelan lebih banyak gas. Beberapa gas terperangkap di sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan kembung yang tidak nyaman bahkan kram.

Minuman yang baik dikonsumsi:
Air putih merupakan minuman yang terbaik. Alternatif sehat lainnya kamu dapat meminum kopi atau teh untuk mencegah perut kembung.

2. Brokoli dan sayuran cruciferous lainnya

Sayuran cruciferous mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin K, zat besi dan kalium. Jenis sayuran cruciferous seperti kembang kol, kubis, kubis brussel dan lainnya.

Namun, jenis sayuran ini juga mengandung FODMAP (Fermentable Oligo-Di-Monosaccharides and Polyols) yang merupakan makanan yang sulit dicerna tubuh. Hal ini yang dapat menyebabkan perut kembung.

Makanan yang baik dikonsumsi:
Bayam, ketimun, selada, ubi dan zucchini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masuk Angin? Jangan Suka Dikerok!"
[Gambas:Video 20detik]