Selasa, 24 Nov 2020 07:15 WIB

7 Makanan Ini Bisa Bikin Jantung Kepayahan Jika Berlebihan

Farah Nabila - detikHealth
ngemil saat ngantor Sembarangan ngemil bisa membahayakan jantung (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Jantung adalah organ vital yang memiliki peran penting bagi tubuh. Organ vital ini bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Banyak faktor yang dapat menyebabkan fungsi jantung menurun, salah satunya dari pola makan yang tidak sehat.

Kesehatan jantung perlu diperhatikan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak banyak diketahui, ada beberapa makanan yang dapat memperburuk fungsi jantung. Jika dikonsumsi secara terus menerus akan menimbulkan penyakit jantung.

Dikutip dari WebMD, berikut makanan yang dapat memperburuk fungsi jantung.

1. Daging merah

Makan terlalu banyak daging sapi, domba dan daging merah lainnya dapat meningkatkan peluang terkena penyakit jantung dan diabetes. Hal ini karena daging merah tinggi lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol.

Batasi porsi mengonsumsi daging merah untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, carilah potongan daging tanpa lemak seperti daging bulat, sirloin, dan daging giling tanpa lemak.

2. Pizza

Pizza dapat menyehatkan jika membuatnya dengan cara yang benar. Tetapi kebanyakan pizza memiliki jumlah natrium, lemak, dan kalori dengan jumlah yang mengejutkan. Semua kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat Anda ingin memesan pizza. Saat memesan pizza pilih kulit tipis atau gandum utuh, minta sedikit keju, sayuran yang banyak, dan lewati pepperoni atau sosis, yang mengandung garam. Pilihan pizza ini aman dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

3. Kentang goreng

Kentang goreng dari restoran cepat saji memiliki banyak lemak dan garam yang buruk bagi kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan kentang goreng atau kentang goreng 2 hingga 3 kali seminggu memiliki tingkat risiko kematian yang tinggi.

Jika Anda tetap ingin memanjakan diri dengan kentang goreng, konsumsi lah dengan porsi yang sedikit. Anda dapat membuat kentang goreng sendiri yang dipanggang dengan minyak zaitun untuk kesehatan jantung. Hal ini akan lebih baik jika Anda menggunakan ubi.

4. Gula, garam dan lemak

Jumlah garam, gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Jika ingin memiliki jantung yang sehat, hindari lah pola makan yang memiliki kandungan tersebut.

Alih-alih terpaku pada satu makanan buruk, sebaiknya Anda berfokus pada diet secara keseluruhan. Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan seperti buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak untuk kesehatan jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mereka yang Punya Komorbid Jantung Diminta Tetap Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]