Minggu, 02 Jan 2022 08:17 WIB

V BTS Curhat Dulunya Ekstrovert jadi Introvert, Bisakah Kepribadian Berubah?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
V BTS V BTS ungkap kepribadiannya berubah. (Foto: dok. HYBE)
Jakarta -

Banyak ARMY yang penasaran dengan kehidupan pribadi idol mereka. Baru-baru ini, Kim Taehyung atau V BTS mengungkapkan bahwa tipe MBTI-nya berubah, artinya dia tidak lagi dianggap ekstrovert.

"Huruf pertama dari tipe kepribadian MBTI-ku dulunya E (Extrovert), tetapi baru-baru ini berubah menjadi I (Introvert). Bukankah mereka mengatakan perbedaan antara keduanya sangat besar?" kata V kepada Vogue, dikutip dari Vogue Korea.

MBTI atau Kuesioner Myers-Briggs Type Indicator adalah tes yang digunakan untuk menilai dan menetapkan orang dengan tipe kepribadian yang berbeda. Ada 16 tipe kepribadian yang berbeda, dengan delapan tipe ekstrovert dimulai dengan huruf E dan delapan tipe introvert dimulai dengan huruf I.

Sementara beberapa orang mungkin menganggap perubahan itu adalah sesuatu yang luar biasa, pria berusia 26 tahun ini berpikir bahwa perubahan hasil MBTI-nya hanyalah pertanda bahwa dia tumbuh seiring berjalannya waktu.

"Saya tidak berpikir perubahan ini adalah hal yang buruk karena saya telah belajar bagaimana memutuskan apa yang tepat untuk saya dan apa yang tidak," kata V.

Bisakah kepribadian seseorang berubah?

Menurut Psychology Today, hal ini mungkin saja terjadi. seseorang dapat berubah dari ekstrovert menjadi introvert, atau sebaliknya, dengan bertindak seperti ciri-ciri tiap kepribadian.

Kepribadian seseorang secara bertahap dapat berubah sepanjang hidup. Perubahan suasana hati dan kepribadian dari waktu ke waktu adalah normal.

Dikutip dari laman Healthline, ada beberapa hal yang bisa membuat kepribadian seseorang berubah yang biasanya dipengaruhi oleh kejadian di masa lalu.

Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti membandingkan hasil tes kepribadian yang dilakukan oleh remaja pada tahun 1950 dengan yang dilakukan oleh orang yang sama pada usia 77 tahun. Hasil tes menunjukkan bahwa kepribadian dapat berubah secara bertahap selama hidup seseorang dan menjadi sangat berbeda pada saat mereka lebih tua.



Simak Video "Tertipu di Dating Apps, Bisa Sebabkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)