ADVERTISEMENT

Senin, 03 Jan 2022 13:12 WIB

Menkes Sebut Pasien Omicron Mayoritas Tanpa Gejala, 34 Orang Sudah Sembuh

Vidya Pinandhita - detikHealth
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin hadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR. Raker itu membahas pengeluaran pemerintah terkait belanja di sektor kesehatan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut lebih dari setengah pasien Omicron di RI tanpa gejala. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut setengah dari total pasien COVID-19 varian Omicron di Indonesia tidak bergejala sama sekali, selebihnya cenderung bergejala ringan. Bagaimana kondisinya?

"Dari 152 kasus Indonesia, itu lebih dari setengahnya adalah tanpa gejala. Setengahnya lagi adalah sakit ringan. Artinya tidak membutuhkan oksigen, saturasi masih di atas 95 persen," ujar Menkes dalam konferensi pers virtual terkait evaluasi Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (3/1/2022).

Menkes menambahkan, seiring meningkatnya jumlah pasien COVID-19 varian Omicron di Indonesia, hingga kini tidak ditemukan pasien Omicron yang membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit. Pasien tersebut hanya mengonsumsi obat dan vitamin, kemudian sembuh dan bisa pulang ke rumah.

"23 persennya atau 34 orang sudah sembuh dan kembali di rumah," bebernya.

"Kami melihat bahwa sampai sekarang tidak ada yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Cukup dikasih obat dan vitamin, mereka sudah bisa kembali ke rumah," pungkas Menkes.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT