Senin, 03 Jan 2022 16:29 WIB

Hari Hipnotisme Sedunia 4 Januari: Sejarah, Manfaat, dan Cara Hipnotis

Maulida Balqis - detikHealth
Ilustrasi Hipnotis Hari hipnotisme sedunia (Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Hari Hipnotisme Sedunia atau World Hypnotism Day diperingati setiap 4 Januari. Yuk kenali sejarah, manfaat, serta cara melakukan hipnotis bagi kesehatan.

Hipnotisme mungkin terdengar menakutkan bagi sebagian orang. Sebab, banyak orang mengira seseorang yang melakukan hipnotis memiliki kekuatan untuk mengendalikan diri orang lain. Namun sebenarnya, apa sih hipnotisme itu?

Hipnotisme sederhananya merupakan teknik-teknik yang bisa dilakukan untuk mengakses alam bawah sadar seseorang. Biasanya, hipnotisme digunakan untuk membantu seseorang memecahkan masalah dalam hidupnya, mendorong seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya, serta untuk mengatasi ketakutan.

Hipnotisme atau hipnotis sendiri berbeda dengan hipnosis. Seorang dokter rehabilitasi dr Wira Prasetra, SpKFR dari Perkumpulan Praktisi Hipnosis dan Hipnoterapi Seluruh Indonesia (PRAHIPTI) menjelaskan bahwa hipnosis merupakan sebuah seni untuk menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata atau kalimat verbal ke dalam diri seseorang sehingga orang tersebut dapat tergerak atau termotivasi untuk melaksanakan pesan yang dimaksud. Sementara hipnotis merupakan orang yang melakukan hipnosis. Dengan demikian, hipnosis adalah prosesnya sedangkan hipnotis adalah orang yang melakukan proses tersebut.

Sejarah Hari Hipnotisme Sedunia

Tanggal 4 Januari merupakan hari dirayakannya hipnotisme. Hari Hipnotisme Sedunia atau World Hypnotism Day pertama kali dirayakan pada tahun 2006 dan ditujukan untuk menghormati seorang hipnoterapis Irlandia bernama Dr Jack Gibson yang meninggal di tahun 2005 dengan sebagian besar kariernya didedikasikan untuk membantu pasien dengan gangguan psikosomatik menggunakan hipnosis.

Dikutip dari Lukenosis, Hari Hipnotisme Sedunia didirikan untuk menghilangkan mitos dan kesalahpahaman tentang hipnosis yang disebabkan oleh Hollywood, media, dan literatur populer. Menurut para penganutnya, hipnotisme bukanlah tentang cara seseorang 'mengendalikan pikiran' dan bukan pula cara untuk membuat seseorang melakukan sesuatu yang tidak biasa mereka lakukan. Hari hipnotis ini ingin mengubah kesalahpahaman tersebut dan mendidik masyarakat mengenai manfaat dari hipnotisme sendiri.

Hipnotisme merupakan alat yang efektif untuk proses dan keinginan dalam melakukan perubahan pada diri seseorang. Banyak studi yang menunjukkan bahwa orang memiliki lebih banyak kesuksesan dan kebiasaan positif ketika mereka mengalami hipnosis.

Manfaat hipnotis

Melakukan hipnosis nyatanya dapat memberikan beberapa manfaat untuk diri sendiri. Dikutip dari Healthline, berikut ini beberapa manfaat hipnotis:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat hipnotis yang pertama yaitu meningkatkan kualitas tidur. Studi tahun 2020 menunjukkan, self-hypnosis merupakan obat yang efektif untuk insomnia dan masalah tidur lainnya. Studi yang dilakukan terhadap 90 wanita ini juga menemukan bahwa dengan melakukan hipnosis, para wanita mendapatkan kualitas tidur yang baik serta mengalami perubahan suasana hati yang lebih baik.

2. Berat badan menurun

Manfaat hipnotis yang kedua yaitu menurunkan berat badan. Self-hypnosis terbukti dapat menurunkan masalah berat badan. Hal ini dikarenakan hipnosis membantu meningkatkan kesadaran tentang makanan, membatasi makan sebagai respons terhadap isyarat emosional atau eksternal, serta membangun konsep penerimaan diri terhadap citra tubuh.

3. Mengontrol rasa sakit

Manfaat hipnotis yang ketiga yaitu mengontrol rasa sakit. Studi yang dilakukan pada tahun 2016 pada 53 pasien di rumah sakit menunjukkan bahwa hipnosis mampu menghilangkan rasa sakit dibandingkan melakukan pijat selama dirawat di rumah sakit. Sama seperti studi sebelumnya, para pasien yang melakukan hipnosis juga menunjukkan adanya perubahan suasana hati ke arah yang lebih baik.

Cara Melakukan Hipnotis

Hipnosis pada umumnya bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik dengan bantuan hipnoterapis, bantuan media, maupun melakukannya sendiri atau self-hypnosis. Melansir Mindsethealth, ada beberapa cara hipnotis yang dapat dilakukan untuk melakukan hipnosis terhadap diri sendiri.

1. Menemukan tempat yang nyaman

Cara hipnotis diri sendiri yang pertama yaitu pastikan Anda merasa nyaman secara fisik. Mendapatkan kenyamanan dapat membantu diri menjadi lebih rileks. Cobalah untuk duduk di kursi yang empuk dengan kaki tidak bersilang. Anda juga dapat berbaring meskipun metode ini dapat membuat Anda tertidur. Usahakan tidak memakai pakaian ketat serta hindari makan dalam porsi besar agar Anda tetap merasa nyaman dan tidak kembung. Pastikan berdiam di tempat yang tidak berisik selama 20-30 menit untuk mendapatkan ketenangan.

2. Bersantai menggunakan induksi hipnosis

Cara hipnotis selanjutnya yaitu memasuki keadaan hipnosis dengan teknik umum yang dikenal sebagai relaksasi otot progresif. Dengan ini, fokuskan kesadaran pada setiap ketegangan yang tersimpan di dalam tubuh dan lepaskan ketegangan tersebut secara berurutan. Mulailah dari tangan dan lengan Anda, lalu turun ke punggung, bahu dan leher, lalu perut dan dada, kemudian tungkai dan kaki. Visualisasikan bahwa ketegangan Anda menghilang atau menguap lalu rilekskan otot Anda. Perasaan rileks yang dalam, nyaman, dan menyenangkan adalah titik awal yang sangat baik untuk memulai self-hypnosis.

3. Berikan saran

Cara hipnotis berikutnya yaitu memberikan saran. Dalam keadaan hipnosis, berilah perhatian yang lebih pada saran yang ingin Anda berikan pada diri Anda sendiri. Saran ini bisa berupa pernyataan sederhana mengenai apa yang mungkin Anda bisa lakukan secara berbeda, atau bagaimana Anda bereaksi secara berbeda dalam beberapa situasi, atau juga mengenai bagaimana Anda berpikir secara berbeda tentang diri Anda sendiri atau tentang keadaan tertentu.

Beberapa contoh saran ini bisa Anda coba terapkan untuk membantu Anda mencapai tujuan yang diharapkan:

  • Saya menerima diri saya apa adanya
  • Saya makan makanan sehat tiga kali sehari
  • Saya merasa tenang, percaya diri, dan santai
  • Saya merasa mudah untuk berhenti merokok

4. Kembali ke kesadaran

Cara hipnotis yang terakhir yaitu kembali ke kesadaran. Setelah memberikan saran, Anda bisa kembali ke kesadaran Anda dengan menghitung sampai lima sambil mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda menyadari lingkungan dimana Anda berada. Pada hitungan kelima, Anda dapat membuka mata dan meregangkan tangan dan kaki serta kembali melanjutkan aktivitas Anda.

Mumpung ada World Hypnotism Day atau Hari Hipnotisme Sedunia, ada yang mau coba?



Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)