ADVERTISEMENT

Senin, 03 Jan 2022 19:00 WIB

11 Tanda-tanda Kematian, Salah Satunya Halusinasi

Maulida Balqis - detikHealth
Young girl is waking up again. When the soul leaves the bodyYoung girl is waking up again/file_thumbview/42292548/1 Tanda-tanda kematian (Foto: Getty Images/iStockphoto/sezer66)
Jakarta -

Setiap makhluk yang hidup, pasti akan mengalami fase kehidupan terakhir yaitu kematian. Ketika manusia sudah berusia lanjut atau menderita sakit yang parah umumnya ada beberapa hal yang menunjukkan tanda-tanda kematian atau tanda ajal sudah dekat baginya.

Memang memilukan bila mengetahui bahwa orang yang kita cintai sedang mencapai akhir hidup mereka. Tetapi, mengetahui apa yang mungkin mereka harapkan untuk kita lakukan bisa membuat diri kita menjadi lebih siap untuk apa yang akan terjadi berikutnya.

Lalu, apa saja tanda-tanda kematian pada seseorang?

Tanda-Tanda Kematian

Dikutip dari Medical News Today, berikut 11 tanda-tanda kematian yang dapat menunjukkan tanda ajal sudah dekat.

1. Nafsu makan berkurang

Penurunan nafsu makan bisa jadi merupakan tanda-tanda kematian karena tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi kurang aktif. Orang yang akan meninggal cenderung berhenti makan atau minum secara drastis karena nafsu makannya perlahan-lahan menghilang.

Bila ini terjadi pada orang terdekat, maka biarkan ia makan ketika ia merasa lapar. Sebab ia mungkin akan benar-benar berhenti makan beberapa hari sebelum ia meninggal. Ketika ini terjadi, sebaiknya usapkan bibirnya dengan lip balm untuk menjaga bibir tetap lembab, sehingga ia tetap merasa nyaman.

2. Banyak tidur

Tanda-tanda kematian berikutnya yaitu banyak tertidur. Bila seseorang akan meninggal, dalam dua atau tiga bulan sebelumnya mungkin ia akan menghabiskan banyak waktunya dengan tertidur. Kurangnya kesadaran ini karena metabolisme tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi lebih lemah. Tanpa energi metabolisme, seseorang cenderung akan lebih banyak tidur dibandingkan terjaga.

Bila ini terjadi, buatlah ia nyaman dan biarkan ia tertidur. Anda juga dapat membantunya pindah atau turun dari tempat tidur untuk menghindari munculnya ulkus dekubitus atau luka baring.

3. Menjadi kurang bersosialisasi

Tanda-tanda kematian yang ketiga yaitu menjadi kurang bisa bersosialisasi. Ketika seseorang akan meninggal, umumnya energi yang dimilikinya menjadi berkurang sehingga ia cenderung menghindari menghabiskan waktu bersama orang lain. Bila ini terjadi, janganlah tersinggung. Ini merupakan hal lazim bagi seseorang yang akan meninggal atau sakit parah karena ia merasa tidak nyaman bertemu dengan orang lain saat dirinya terlihat sangat lemah. Sebaiknya, aturlah waktu kunjungan ketika ingin bertemu dengannya.

4. Tanda-tanda vital berubah

Tanda-tanda vital berubah juga termasuk ke dalam tanda-tanda kematian. Tanda-tanda ini dimulai dari penurunan tekanan darah, perubahan napas, detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi, hingga urine berubah warna menjadi coklat. Warna urine yang berubah ini merupakan tanda dari ginjal yang sudah tidak lagi berfungsi.

5. Jarang ke toilet

Jarang ke toilet juga bisa menjadi tanda-tanda kematian pada seseorang. Biasanya, orang yang sekarat lebih jarang makan dan minum sehingga proses pencernaan mereka menjadi berkurang. Ini menyebabkan kebiasaan buang air besar dan kecil juga ikut berkurang. Meski kondisi kesehatan ini mengkhawatirkan, Anda bisa mencoba berkonsultasi ke rumah sakit untuk memberikan kateter baginya agar membantunya untuk buang air.

6. Otot melemah

Kondisi kesehatan ini juga bisa menjadi tanda-tanda kematian pada seseorang. Otot-otot manusia sangat mungkin menjadi lemah ketika menjelang hari-hari seseorang akan meninggal. Ini mengakibatkan orang tidak mampu melakukan aktivitas seperti biasanya. Untuk itu, bantulah ia mengangkat barang seperti dengan menyuapi makan dan minum atau membalikkan tubuhnya di tempat tidur.

7. Penurunan suhu tubuh

Menurunnya suhu tubuh merupakan salah satu dari tanda-tanda kematian. Penurunan suhu tubuh menandakan berkurangnya sirkulasi darah dalam tubuh. Ini biasa terjadi sebelum seseorang meninggal. Sirkulasi darah seseorang berkurang sehingga darah terfokus pada organ-organ internal saja, yang menyebabkan aliran darah menjadi sedikit untuk bisa dialirkan ke tangan dan kaki mereka.

Berkurangnya sirkulasi darah artinya kulit akan terasa lebih dingin saat disentuh. Kulit akan terlihat pucat atau berbintik-bintik dengan bercak biru dan ungu. Bila seseorang mengalami hal ini, cobalah untuk menawarkan selimut untuknya karena mungkin saja ia sangat membutuhkannya.

8. Mengalami kebingungan

Seseorang yang menjadi mudah bingung bisa jadi merupakan salah satu tanda-tanda kematian sudah dekat. Otak manusia yang mendekati ajalnya memang masih sangat aktif, namun terkadang mereka menjadi mudah bingung dikarenakan hilangnya ingatan mereka tentang apa yang terjadi di sekitarnya. Oleh karena itu, teruslah ajak mereka berbicara dan jelaskan apa yang terjadi di sekitar mereka secara perlahan-lahan.

9. Perubahan napas

Kondisi kesehatan ini juga menjadi tanda-tanda kematian pada seseorang. Sebab, orang yang sekarat sangat mungkin untuk kesulitan bernapas. Napas mereka bisa tiba-tiba berubah kecepatannya, seperti terengah-engah atau berhenti sementara. Bila Anda khawatir, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter mengenai perubahan pola napas tersebut.

10. Meningkatnya rasa sakit

Tanda-tanda kematian ini umum dirasakan oleh seseorang yang akan meninggal. Ketika seseorang akan meninggal, mereka cenderung akan merasakan sakit yang bertambah. Meski sulit untuk mengetahui bagaimana rasanya, namun ini bisa terlihat dari ekspresi wajahnya atau dari suara mereka yang terdengar kesakitan. Cobalah bicara pada dokter mengenai pilihan obat pereda nyeri atau cobalah membuat ia merasa nyaman dengan bantuan dokter.

11. Halusinasi

Halusinasi juga menjadi salah satu tanda-tanda kematian pada seseorang. Bukan hal aneh bila seseorang yang akan meninggal mengalami halusinasi di masa-masa terakhirnya. Meskipun sangat mengkhawatirkan, sebaiknya jangan berusaha memperbaiki penglihatannya ini agar tidak menyulitkan dirinya.

Beberapa tanda-tanda kematian yang dapat menunjukkan tanda ajal sudah dekat ada yang mudah diamati, tetapi ada juga yang tersamar. Beberapa tanda-tanda kematian lainnya juga ada yang berupa tidak terdeteksinya denyut nadi, kondisi tidak bernapas, mata yang terpaku, serta kelopak mata yang tertutup sebagian.



Simak Video "Kasus Flu Burung di Italia Meningkat, Gara-gara Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel Selengkapnya