Selasa, 04 Jan 2022 13:00 WIB

Muncul 3 Kasus Lokal COVID-19, China 'Kurung' 1 Juta Orang!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas China bersiap memeriksa ratusan ribu sampel darah dari bank darah yang ada di kota Wuhan sebagai bagian dari penyelidikan asal-usul virus Corona (COVID-19). Corona di China (Foto: Getty Images)
Jakarta -

China lagi-lagi melakukan misi lockdown di tengah kemunculan kasus transmisi lokal COVID-19. Kali ini lebih dari satu juta orang di sebuah kota di China tengah dikurung di rumah setelah mencatat tiga kasus virus corona tanpa gejala.

Diberitakan Channel News Asia, Yuzhou, kota berpenduduk sekitar 1,17 juta jiwa di provinsi Henan, mengumumkan mulai Senin (3/1/2022) malam bahwa semua warganya diharuskan tinggal di rumah untuk mengendalikan penyebaran virus.

Pengumuman tersebut dipicu oleh ditemukannya tiga kasus dalam beberapa hari terakhir.

Orang-orang di daerah pusat "tidak boleh keluar", menurut sebuah pernyataan yang diposting Senin, sementara semua komunitas akan mendirikan "penjaga dan gerbang untuk secara ketat menerapkan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian epidemi".

Kota itu telah mengumumkan bahwa mereka menghentikan layanan bus dan taksi dan menutup pusat perbelanjaan, museum, dan tempat-tempat wisata.

China melaporkan 175 kasus COVID-19 baru pada hari Selasa (4/1/2022), termasuk lima di provinsi Henan dan delapan lagi di kluster terpisah yang terkait dengan pabrik garmen di kota timur Ningbo.

Meskipun kasus yang dilaporkan rendah dibandingkan dengan tempat lain di dunia, infeksi virus corona baru dalam beberapa pekan terakhir telah mencapai tingkat tertinggi yang tidak terlihat di negara itu sejak Maret 2020.

Otoritas lokal yang dianggap gagal dalam mencegah wabah virus di China sering dipecat atau dihukum, memicu serangkaian tanggapan yang semakin ketat dari pemerintah provinsi ketika mereka mencoba untuk membasmi kasus apa pun dengan cepat.



Simak Video "Upaya China Cegah Warga Kelaparan di Tengah Lockdown Ketat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)