Selasa, 04 Jan 2022 18:45 WIB

10 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami, Tenggorokan Jadi Plong

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi Batuk Cara mengeluarkan dahak secara alami. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Ketika sakit, semua orang pasti pernah mengalami dahak yang tersumbat dalam saluran pernapasan. Biasanya kondisi ini disertai dengan batuk berdahak yang sakit. Lalu bagaimana cara mengeluarkan dahak agar tidak mengganjal di tenggorokan?

Dahak sendiri merupakan lendir kental yang diproduksi di paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Sifatnya yang sulit dikeluarkan berfungsi untuk menangkap debu, alergen, dan virus untuk tidak masuk ke saluran pernapasan.

Jika dahak sudah membandel dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari, berikut beberapa cara mengeluarkan dahak secara alami dan cepat yang bisa dicoba.

Cara Mengeluarkan Dahak

1. Andalkan uap hangat

Cara mengeluarkan dahak bisa dilakukan dengan uap hangat. Cara ini terbilang efektif dan bahkan mampu melegakan pernapasan akibat dahak yang membandel. Bisa juga mengandalkan uap dari sup ayam atau teh hangat ya.

2. Minum air putih hangat

Minum air putih hangat bisa menjadi salah satu cara mengeluarkan dahak secara cepat loh. Hal ini disebabkan karena air hangat tersebut mampu melonggarkan dahak yang menyumbat di saluran pernapasan.

3. Kumur air garam

Selain berfungsi untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi, air garam juga diklaim ampuh mengeluarkan dahak yang mengganggu di tenggorokan. Cara ini bahkan bisa membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan.

Caranya: Campurkan tiga perempat sendok teh garam dengan air hangat. Kumur-kumur selama 30-60 detik dengan posisi kepala menengadah. Lakukan dengan rutin jika masih diperlukan.

4. Minyak kayu putih

Cara mengeluarkan dahak berikutnya bisa menggunakan minyak kayu putih. Minyak ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengeluarkan dahak yang susah keluar. Oleskan minyak kayu putih di dada untuk membantu mengencerkan dahak yang menyumbat di saluran pernapasan.

5. Makan makanan pedas

Mungkin cara mengeluarkan dahak yang satu ini terbilang aneh lantaran dapat memperburuk rasa sakit ditenggorokan. Namun, makanan pedas yang mengandung capsaicin bisa membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan sinus secara sementara loh.

6. Madu

Madu memang bukan hal asing lagi di masyarakat. Bahan alami ini memang dikenal banyak sekali manfaatnya karena memiliki sifat anti peradangan dan antibakteri. Orang yang sedang sakit dan terasa ganjal di tenggorokan akibat dahak, bisa menghirup uap air hangat yang dicampur dengan madu.

Menurut sebuah studi, madu adalah salah satu cara mengeluarkan dahak dan dapat mengurangi penyempitan bronkus.

7. Jahe

Cara mengeluarkan dahak berikutnya menggunakan jahe. Bahan ini diklaim sebagai obat pengencer dahak alami dan bahkan mudah ditemukan di mana saja. Caranya pun mudah, cukup campurkan potongan jahe ke dalam minuman hangat.

8. Daun mint

Daun mint mengandung menthol yang berguna untuk mengurangi produksi dahak dan mengencerkannya secara cepat. Caranya cukup campurkan daun mint ke dalam minuman hangat seperti teh.

9. Lobak

Tak hanya digunakan sebagai bahan makanan, lobak juga bisa digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak yang tersumbat di tenggorokan.

Bahkan, lobak diklaim ampuh mengatasi radang tenggorokan serta menyembuhkan flu dan batuk loh. Caranya cukup tambahkan lobak ke dalam sub hangat.

10. Bawang

Bawang merupakan salah satu pengencer dahak alami lantaran dapat bekerja seperti ekspektoran di dalam tubuh.

Bumbu dapur yang gampang sekali ditemukan ini mengandung senyawa iritasi yang dapat merangsang seseorang untuk batuk dan mengeluarkan dahak. Caranya pun mudah, cukup tambahkan potongan bawang pada sup hangat.

Itulah 10 cara mengeluarkan dahak secara alami. Tidak perlu pusing-pusing menggunakan obat dengan berbagai efek sampingnya. lebih baik gunakan bahan alami yang diklaim aman dan mudah ditemukan.



Simak Video "Kenali dan Sikapi Pengidap OCD"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)