Rabu, 05 Jan 2022 22:29 WIB

Bisa Atasi Ketombe! Ini 8 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Maulida Balqis - detikHealth
ilustrasi rambut Minyak kemiri untuk rambut (Foto: iStock)
Jakarta -

Sudah menjadi rahasia umum bahwa minyak kemiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain bisa mengobati masalah kulit, minyak kemiri juga nyatanya bisa digunakan untuk perawatan rambut. Berikut ini 8 manfaat minyak kemiri untuk rambut.

Minyak kemiri banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain masalah kulit dan rambut. Minyak dari pohon yang tumbuh di lingkungan tropis ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang dapat melawan berbagai masalah rambut dan kulit kepala.

Lalu, apa saja manfaat minyak kemiri untuk rambut?

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut:

1. Menutrisi rambut dan kulit kepala

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama yaitu menutrisi rambut dan kulit kepala. Kandungan vitamin dan mineral dalam minyak kemiri dapat membantu menjaga rambut dan kulit kepala agar tetap sehat. Kandungan ini juga cocok digunakan untuk merawat rambut yang kering, rusak, keriting, dan untuk pemijatan kulit kepala.

2. Menumbuhkan rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang kedua yaitu menumbuhkan rambut. Sama seperti minyak jojoba, minyak kemiri merupakan emolien yang ringan. Ia dapat menembus kulit kepala dan rambut yang memungkinkan kulit dapat bernapas dengan bebas dan menyerap semua nutrisi yang diperlukan untuk melanjutkan proses pertumbuhannya. Minyak kemiri juga diketahui memiliki kandungan asam lemak omega-3. Kandungan ini merupakan zat yang berperan penting dalam membantu proses pertumbuhan rambut.

3. Membuat rambut lebih lebat dan tebal

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang ketiga yaitu membuat rambut lebih lebat dan tebal. Kandungan nutrisi dalam minyak kemiri dapat membantu folikel rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan demikian, rambut bisa tumbuh menjadi lebih sehat, halus, dan tebal.

4. Melembapkan rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang keempat adalah melembapkan rambut. Minyak kemiri banyak digunakan sebagai perawatan untuk rambut yang kering dan rusak. Asam lemak dan asam amino yang terkandung dalam minyak kemiri dipercaya mampu melembapkan dan memelihara rambut.

5. Mencegah rambut rontok

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang kelima yaitu mencegah rambut rontok. Minyak kemiri diketahui kaya akan kandungan vitamin C dan E. Vitamin C sendiri dikenal sebagai antioksidan yang dapat memblokir bahan kimia berbahaya dan radikal bebas yang melemahkan rambut dan menyebabkan kerontokan. Sementara kandungan vitamin E pada minyak kemiri dapat membantu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dengan membawa oksigen ke folikel rambut. Kedua vitamin ini bekerja sama untuk memastikan rambut memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan agar lebih sehat dan kuat.

6. Mencegah ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya yaitu mencegah ketombe. Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang menyebabkan kulit kepala timbul serpihan-serpihan putih yang dapat merusak penampilan. Sifat antimikroba yang diyakini terkandung dalam minyak kemiri dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe.

7. Memberi kilau pada rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut berikutnya yaitu membuat rambut berkilau. Minyak kemiri tidak hanya mampu menyehatkan rambut, tetapi juga mampu membuat rambut menjadi lebih berkilau. Banyak terpapar angin dan sinar matahari bisa mengakibatkan warna rambut berubah menjadi coklat kemerahan. Namun dengan penggunaan minyak kemiri secara konsisten, warna rambut dapat kembali menjadi hitam dan sehat.

8. Memperbaiki rambut rusak

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang terakhir yaitu memperbaiki rambut rusak. Bagi Anda yang suka mewarnai rambut mungkin tidak jarang mengalami kerusakan rambut yang cukup membuat frustasi. Kini, masalah tersebut tak perlu dipusingkan lagi. Menggunakan minyak kemiri dapat menjadi solusinya. Sebab kandungan antioksidan dalam minyak kemiri dapat memperbaiki helai rambut yang rusak serta menghilangkan radikal bebas penyebab kerusakan rambut tanpa membuat rambut dehidrasi. Minyak kemiri akan mengisi retakan pada struktur rambut dan menutupnya untuk mencegah hilangnya kelembapan rambut.



Simak Video "Berapa Lama Proses Tumbuhnya Rambut Usai Jalani Implan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)